Bugar

Sinusitis Pada Anak Sangat Menggangu, Kenali Cara Mengatasinya

Sinusitis Pada Anak Sangat Menggangu, Kenali Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang sudah dikenal banyak orang. Penyakit yang berhubungan dengan hidung ini merupakan penyakit yang sangat mengganggu.

Seperti dikutip pada situs American College of Allergy, Asthma, and Immunology dijelaskan bahwa sinusitis merupakan pembengkakan dan peradangan rongga sinus dalam tubuh.

Tidak hanya dewasa, sinusitis pun dapat diderita oleh anak-anak. Jika anak menderita sinusitis, coba lakukan beberapa cara mengatasi sinusitis pada anak seperti di bawah ini:

Baca Juga: Selain Olahraga, Ini Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Menyemprotkan hidung

Menyemprot hidung sangat membantu sinusitis pada anak. Meski cara yang dilakukan sering dirasa tidak nyaman, tetapi dengan menyemprot hidung akan membantu meredakan hidung tersumbat pada anak.

Mengompres area hidung

Cara lain mengatasi sinusitis pada anak adalah dengan mengompres area hidung anak dengan handuk hangat.

Pastikan air yang digunakan cukup hangat dan tidak terlalu panas agar tidak memberikan rasa menggigit pada hidung saat dikompres.

Rendam handuk kecil dalam air hangat, kemudian peras dan letakkan handuk di sekitar area hidung anak.

Memberikan obat

Cara mengatasi sinusitis pada anak selanjutnya dengan memberikan obat. Mengatasi sinusitis pada anak dilakukan dengan melihat dari penyebab sinus itu sendiri. 

Bila sinusitis disebabkan karena infeksi, dapat ditangani dengan memberikan antibiotik, dekongestan (obat pilek), dan mukolitik (obat batuk yang berfungsi untuk mencairkan lendir).

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Menghirup udara lembap

Sinusitis pada anak seringkali membuat hidung anak tersumbat. Anak perlu menghirup udara yang lembab untuk meminimalisir hidung tersumbat.

Gunakan alat pelembap udara dan taruh alat di tempat anak paling banyak menghabiskan waktunya. Udara kering dapat menyebabkan iritasi pada sinus anak.

Jika gejala sinusitis yang Anda alami terjadi lebih dari seminggu, bertambah parah, atau disertai demam dengan suhu tubuh lebih dari 38C, Anda sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News