HOME, InvesYuk

Moms, Pahami Cara Menabung Emas Batangan dan Digital

Moms, Pahami Cara Menabung Emas Batangan dan Digital

MOMSMONEY.ID - Moms, suka menabung emas? Menabung emas merupakan salah satu jenis investasi yang cukup sering diinvestasikan di Indonesia.

Saat ini jenis investasi emas terbagi menjadi dua, yaitu emas batangan dan emas digital. Walaupun sama-sama emas, tetapi cara menabungnya cukup berbeda.

Untuk cara menabung emas batangan sebagai sebuah investasi, sebetulnya sudah sejak lama dilakukan.

Seperti moms membeli emas dalam bentuk perhiasan dari toko emas, lalu anda simpan sendiri di rumah atau di tempat yang aman.

Sedangkan cara menabung emas secara digital merupakan sebuah bentuk investasi emas baru yang lebih dekat dengan generasi muda.

Agar lebih jelas, simak cara menabung emas batangan dan digital dilansir dari CIMBniaga :

  • Cara menabung emas batangan 

Cara menabung emas batangan sebagai investasi, anda harus memiliki bentuk fisik emas. 

1. Pastikan Anda punya tempat penyimpanan

Berinvestasi emas batangan harus memiliki tempat penyimpanan yang sangat aman. Anda bisa menyimpan emas batangan di dalam rumah.

Agar meningkatkan rasa aman, Anda bisa menyewa safe deposit box atau ruang penyimpanan emas di bank atau di layanan keuangan milik pemerintah ke dalam skema cara menabung emas batangan yang Anda miliki.

Namun dalam hal ini, Anda perlu mengerti bahwa ada biaya layanan penyimpanan yang perlu Anda keluarkan.

Biaya sewa dari cara menabung emas batangan ini cukup kompetitif. Tetapi Anda bisa menitipkan emas dalam jangka waktu yang lama dengan tingkat keamanan yang terjaga selama 24 jam.

Baca Juga: Cermati Mengatur Keuangan untuk Pasangan Baru Menikah

2. Beli emas secara fisik

Dalam membeli emas batangan atau emas fisik, ada beberapa tempat yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan rasa keamanan Anda.

Anda bisa memilih banyak tempat dalam membeli emas secara fisik, mulai dari toko emas, bank, layanan keuangan milik pemerintah, serta melalui Antam secara langsung.

Saat ini Anda juga bisa membeli emas batangan melalui marketplace atau secara online yang nantinya akan dikirimkan ke alamat Anda.

Secara umum, prosedur pengiriman emas batangan dari setiap layanan tentu memiliki tingkatan keamanan yang optimal.

Namun, jika Anda khawatir akan risikonya, mungkin cara menabung emas dengan membelinya di bank atau di kantor layanan fisik lainnya bisa jadi alternatif yang ideal.

3. Membutuhkan uang dalam jumlah besar

Anda harus memiliki uang dalam jumlah besar saat membeli emas batangan atau emas secara fisik.

Saat membeli emas akan ada biaya fix yang perlu Anda keluarkan. Biaya tersebut mengacu pada besaran bobot dari emas yang Anda beli.

Namun, dalam membeli emas batangan, ada minimum bobot yang harus Anda beli, yaitu 1 gram.

Mengacu pada nilai rata-rata beli emas di bulan Juli 2021, biaya yang anda keluarkan sebesar Rp 950.000 untuk membeli emas seberat 1 gram.

Setelah membeli emas batangan tersebut, Anda baru bisa melanjutkan skema cara menabung emas batangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Berencana Beli Hunian di Luar Negeri, Ini yang Harus Dipertimbangkan

  • Cara menabung emas digital

Cara menabung emas digital menawarkan aspek fleksibilitas lebih leluasa secara finansial Anda sebagai investor dibandingkan dengan menabung emas batangan.

1. Membuka rekening tabungan emas

Cara menabung emas digital ini terbilang cukup mudah. Caranya hampir sama dengan menabung uang di bank.

Anda perlu terlebih dahulu membuka rekening tabungan emas. Untuk membuka rekening emas, Anda bisa menggunakan berbagai macam platform mulai dari platform digital banking, marketplace, hingga aplikasi layanan keuangan milik pemerintah sebagai langkah awal cara menabung emas digital.

Sama dengan membuka rekening biasa, dalam membuka rekening emas, Anda perlu memasukan data-data pribadi Anda. Selain bisa dilakukan secara online, cara menabung emas digital ini juga bisa Anda lakukan secara konvensional.

Anda juga bisa membuka rekening emas dengan datang ke kantor bank atau layanan keuangan milik pemerintah pilihan Anda demi keamanan. Setelahnya Anda bisa memulai menabung emas digital anda.

2. Beli emas sesuai dengan harga yang diinginkan

Berbeda dengan emas batangan yang memiliki ketentuan bobot dalam pembelian emas, untuk membeli emas digital.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa layanan yang membuka investasi emas digital bahkan membuka nilai beli hanya sebesar Rp 10.000 saja.

Dengan harga yang cukup terjangkau ini, Anda bisa membeli emas digital melalui platform digital banking, marketplace, atau aplikasi layanan keuangan milik pemerintah sebagai sarana cara menabung emas digital Anda.

Menentukan cara menabung emas digital ini cocok bagi Anda yang sedang ingin memulai berinvestasi emas.

Nah, itulah perbedaan cara menabung emas batangan dan digital, moms. Setelah mengetahui caranya, Moms bisa menentukan investasi emas mana yang cocok . 

Selanjutnya: Cari Tahu 7 Pos Pembagian Gaji untuk Wanita Single & Menikah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News