Bugar

Moms, Ini 5 Olahraga yang Aman Dilakukan pada Trimester Pertama Kehamilan

Moms, Ini 5 Olahraga yang Aman Dilakukan pada Trimester Pertama Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa olahraga yang aman dilakukan Moms pada trimester pertama kehamilan, lakukan dengan rutin dengan intensitas ringan.

Berbagai gejala dirasakan oleh ibu hamil, khususnya pada kehamilan trimester pertama yang terkadang membuat tidak nyaman. 

Meskipun terasa tidak nyaman, bukan berarti ibu tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, ibu bisa melakukan olahraga ringan atau latihan fisik.  

Selain menghilangkan rasa tidak nyaman, melakukan olahraga ringan saat masa kehamilan trimester pertama bermanfaat untuk mempersiapkan perkembangan janin.   

Dirangkum dari Healthline, inilah beberapa olahraga yang aman dilakukan Moms pada trimester pertama kehamilan, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Tanda-Tanda Pria Tidak Subur, Apa Saja?

1. Berenang dan aerobik air

Olahraga yang aman dilakukan pada trimester pertama kehamilan adalah berenang dan aerobik air. 

Air bersifat menenangkan, berdampak rendah, dan tidak rentan jatuh. Lakukan serangkaian latihan prenatal yang berfokus membangun kekuatan inti.

Hindari pose memutar bagian pinggang dan perhatikan batas energi Anda.  

2. Pilates

Olahraga yang aman dilakukan pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah pilates. 

Pilates dapat membantu mengatasi masalah keseimbangan dan nyeri punggung bawah. Hindari pose berbaring telentang, dan memutar bagian pinggang. 

Baca Juga: 5 Tanda Anda dan Pasangan Siap Memiliki Anak, Salah Satunya Saling Memahami

3. Berjalan kaki

Olahraga yang aman dilakukan pada trimester pertama kehamilan ketiga adalah berjalan kaki. 

Berjalan adalah olahraga ringan, serta bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan gratis.  

Dengan berjalan santai, kalori ibu akibat pertambahan berat badan akan dibakar tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat.  

4. Yoga

Olahraga yang aman dilakukan pada trimester pertama kehamilan keempat adalah yoga. 

Yoga membangun kekuatan dan keseimbangan, melenturkan otot, mengurangi tekanan darah.   

Yoga juga mengajarkan teknik pernapasan yang akan membantu selama persalinan, bahkan juga mencegah osteoporosis dengan membangun kepadatan mineral tulang.  

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Hindari 5 Hal Ini karena Dapat Memengaruhi Kesuburan

5. Senam kegel

Olahraga yang aman dilakukan pada trimester pertama kehamilan terakhir adalah senam kegel. Senam ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.  

Selain dapat mempertahankan berat badan ideal, senam kegel juga bisa meredakan rasa nyeri akibat perubahan yang terjadi pada tubuh ibu.  

Aturan yang paling penting untuk olahraga pada kehamilan trimester pertama adalah perhatikan batasan pada energi Anda  dan jangan sampai jatuh. 

Itulah beberapa olahraga yang aman dilakukan Moms pada trimester pertama kehamilan, lakukan dengan rutin dengan intensitas ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News