Bugar

Moms Harus Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kehamilan Ini

Moms Harus Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kehamilan Ini

MOMSMONEY.ID - Kehamilan bisa jadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan tertentu. Untuk wanita yang baru pertama kali hamil, ada berbagai fakta terkait kehamilan yang mungkin baru pertama kali didengar.

Memang ada banyak sekali fakta unik yang berhubungan dengan kehamilan dan terkadang tidak masuk akal. Padahal, ternyata hal tersebut benar adanya tanpa ada yang mengetahui sebelum dilakukan riset.

Dilansir dari berbagai sumber, salah satunya Pregnant Education, inilah beberapa fakta unik terkait kehamilan yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Anda lakukan Jika Ingin Segera Hamil setelah Menikah

Rasa sakit saat persalinan

Ada saja pria yang menyepelekan rasa sakit yang dialami oleh wanita saat persalinan. Padahal, proses melahirkan dapat menjadi perjuangan hidup dan mati bagi sang ibu dan janinnya.

Coba dibayangkan, saat proses melahirkan, wanita harus menahan rasa sakit seperti 20 tulang patah secara bersamaan.

Tentu rasa sakitnya tidak tertahankan, ditambah harus tetap fokus untuk mengeluarkan tenaga, agar bayi dapat dilahirkan dengan normal.

Janin juga buang air kecil

Mungkin jadi fakta baru bagi para ibu hamil, ternyata janin di dalam rahim juga buang air kecil. Hal ini bisa terjadi saat ginjal sudah terbentuk, berarti saat usianya sudah memasuki minggu ke-13 hingga ke-16 dari kehamilan. 

Ukuran rahim setara semangka

Fakta lainnya yang menarik terkait kehamilan adalah ukuran rahim yang terus membesar. Sebelum hamil, ukuran rahim hanya sebesar lemon.

Saat hamil dan usianya terus bertambah, ukurannya bisa berkembang hingga sebesar semangka. Pertumbuhannya hampir 500 kali lipat dari awal.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Persiapan Wajib untuk Menyambut Persalinan

Melahirkan setara maraton

Salah satu fakta unik yang tidak banyak orang tahu, ternyata wanita yang melahirkan layaknya sedang lari maraton. Tubuhnya mendorong seluruh kekuatan yang dimiliki agar persalinan yang normal bisa terjadi.

Janin makan lebih dahulu

Tidak banyak yang tahu jika bayi mengambil semua nutrisi yang dibutuhkannya lebih dulu dibandingkan ibunya.

Saat ibu sedang makan, bayi memiliki urgensi untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya terlebih dahulu. Maka dari itu, saat bayi dilahirkan, ia mesti dilatih untuk terbiasa hidup di luar rahim.

Itulah berbagai fakta unik tentang kehamilan yang mungkin banyak wanita masih belum ketahui. Memang beberapa fakta yang disebutkan mengejutkan dan mungkin menimbulkan rasa khawatir.

Meski begitu, tetap usahakan yang terbaik agar persalinan bisa terjadi dengan normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News