Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Persiapan Wajib untuk Menyambut Persalinan

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Persiapan Wajib untuk Menyambut Persalinan

MOMSMONEY.ID - Persiapan persalinan lebih dari sekadar memasukkan segala sesuatu ke dalam tas rumah sakit Anda. 

Dengan menyusun dan melakukan persiapan persalinan yang tepat, Anda tidak akan merasa kewalahan. Anda dapat menggunakan ini sebagai panduan.

Seperti yang dilansir dari Pregnant Education, berikut persiapan wajib untuk menyambut persalinan atau melahirkan yang sebaiknya tidak terlewatkan, antara lain: 

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Tahu, Ini 5 Faktor Penyebab Bayi Sungsang

Cari tahu informasi seputar proses persalinan

Pastikan Anda sudah belajar terlebih dahulu seperti apa kira-kira proses melahirkan nantinya, baik melahirkan normal maupun melahirkan dengan operasi caesar.

Apalagi bila ini merupakan pengalaman pertama Anda melahirkan, sebaiknya banyak mencari tahu mengenai proses persalinan dan tanda-tanda melahirkan.

Belanja kebutuhan bayi

Perlengkapan yang tampak mudah tapi sebenarnya cukup penting untuk diselesaikan dari jauh-jauh hari sebagai persiapan melahirkan atau persalinan yakni belanja kebutuhan bayi.

Ketika telah memasuki bulan ketujuh kehamilan, sudah saatnya ibu dan pasangan mulai mencicil perlengkapan apa saja yang nantinya akan digunakan oleh si kecil setelah masa melahirkan.

Baca Juga: Melahirkan Anak Pertama, Lebih Baik Bersalin Secara Normal atau Caesar?

Persiapan perlengkapan tas bersalin

Persiapan saat hendak bersalin di rumah sakit dari jauh-jauh hari yang harus tersedia yakni perlengkapan melahirkan sehingga nanti bisa langsung dibawa, baik dalam metode normal atau caesar.

Idealnya, persiapan melahirkan ini sudah dimulai ada ketika Anda hamil delapan bulan. Ini karena Anda bisa melahirkan setiap saat dalam minggu-minggu menjelang hari perkiraan lahir (HPL).

Memilih metode persalinan

Ada berbagai jenis persalinan yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ibu. Metode ini meliputi melahirkan normal, operasi caesar, gentle birth, water birth, dan hypnobirthing.

Bahkan, tempat persalinan juga bisa ditentukan, misalnya ibu hamil melahirkan di rumah sakitatau melahirkan di rumah.

Pemilihan tempat dan metode persalinan untuk ibu ini sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Jangan sampai ibu hamil terlalu lelah menjelang persalinan karena sibuk menata tas perlengkapan ibu bersalin. Semoga persalinan lancar dan ibu serta bayi senantiasa sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News