HOME, Hemat

Minyak Goreng Turun Harga, Ibu-ibu Berburu ke Minimarket

Minyak Goreng Turun Harga, Ibu-ibu Berburu ke Minimarket

MOMSMONEY.ID - Turunnya harga minyak goreng disambut sukacita oleh ibu-ibu rumah tangga. Tak terkecuali Sundariningsih, pemilik usaha Omah Peyek Uun. Sundariningsih yang memproduksi aneka cemilan seperti peyek kacang, peyek kacang ijo, makaroni, biji ketapang, dan kembang goyang tentu sangat mengandalkan minyak goreng dalam produksinya.

“Ketika minyak goreng Rp 19.000 sampai Rp 20.000 per liter tentu keuntungan usaha saya tertekan. Saya tidak berani menaikkan harga,” jelas Sundariningsih yang tinggal di Cibinong, Bogor.

Sundariningsih merasa senang, ketika pagi ini membuka status Whatsapp kasir di salah satu minimarket yang menampilkan tulisan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter.

“Ketika minimarket buka, saya langsung ke lokasi. Lumayan bisa beli 2 bungkus kemasan 2 liter,” jelas ibu 4 anak ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hand Blender yang Terjangkau dan Berkualitas

Berbeda dengan Sundariningsih yang begitu dengan mudah mendapatkan minyak goreng di minimarket.

“Saya dapat infonya ketinggalan, sudah mencari-cari di dua minimarket tapi rak-rak khusus minyak goreng  sudah kosong, tinggal minyak kelapa saja yang ada,”jelas Kartika, warga Cibinong, Bogor. Barulah di minimarket ketiga, Kartika mendapatkan 1 botol minyak goreng kemasan 2 liter.

Kartika mengungkapkan, untuk mendapatkan minyak goreng tersebut dia harus antri di depan gudang minimarket. Sebab di raknya sudah kosong. Untuk bisa memperoleh minyak goreng pun, Kartika juga harus berebut dengan ibu-ibu lain. Bahkan ada bapak-bapak yang ikut berebut.

“Sebenarnya saya bisa ambil lebih dari 1 botol, tapi kasihan yang lain tidak kebagian nanti,” jelas Kartika.

Untuk menebus minyak goreng seharga Rp 28.000 ukuran 2 liter tersebut, Kartika harus antri di depan kasir yang rata-rata semua menenteng minyak goreng.

“Wah kesel juga, baru kemarin beli Rp 40.000 sekarang jadi Rp 28.000,” celetuk seorang ibu di tengah antrian.

Baca Juga: Simak, Ini Karakter Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan

Seorang petugas minimarket mengungkapkan, keramaian pembelian minyak goreng terjadi habis dzuhur. Dalam kurun waktu 3 jam sudah ada 10 karton minyak goreng ukuran 2 liter yang keluar gudang.

“Padahal selama ini numpuk di gudang cukup lama,” ungkapnya.

Asal tahu saja, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp 14.000 per liter per hari ini Rabu (19/1).

Baca Juga: Pedagang Ingin Distribusi Minyak Goreng Subsidi Langsung ke Pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News