HOME, Bugar

Meskipun Pahit, Brotowali Memiliki Manfaat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun Pahit, Brotowali Memiliki Manfaat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Brotowali termasuk obat yang sudah dimanfaatkan bertahun-tahun oleh masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan penyakit, seperti diabetes, dilansir WebMD.

Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan India bagian timur laut. Selain diolah menjadi jamu, tanaman brotowali biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus, bubuk atau kapsul. 

Dilansir dari WEB MD dan NDTV inilah beberapa manfaat brotowali yang baik untuk tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Jeruk Bali Kaya Vitamin C, Inilah Manfaat Lainnya untuk Tubuh

1. Mengobati penyakit kulit

Manfaat brotowali yang baik untuk tubuh pertama adalah bisa mengobati penyakit kulit. Brotowali dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati penyakit kulit, seperti kudis.

Sifat antioksidan dan antiradikal kuat yang terkandung dalam brotowali terbukti dapat membantu mengobati penyakit kulit. 

2. Mengobati demam kronis

Manfaat brotowali yang baik untuk tubuh kedua adalah dapat membantu Anda mengobati demam kronis yang sedang Anda alami. 

Manfaat brotowali ini dapat mengurangi tanda dan gejala beberapa kondisi yang mengancam seperti demam berdarah, flu babi, dan juga malaria. 

3. Membantu mengobati hipertensi

Manfaat brotowali yang baik untuk tubuh ketiga adalah membantu mengobati hipertensi. Di Indonesia, brotowali dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, brotowali juga dapat menghambat aktivitas aterosklerosis, sehingga dapat melindungi kesehatan jantung Anda. 

Baca Juga: Jangan Asal Sarapan! Inilah 5 Jenis Sarapan yang Bisa Membuat Awet Muda

4. Membantu mengontrol diabetes

Manfaat brotowali yang baik untuk tubuh keempat adalah mengontrol diabetes. Brotowali juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot.  

Tak hanya di Indonesia, di negara lain seperti Thailand, Malaysia, Guyana, Bangladesh, dan India, brotowali telah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan diabetes. 

5. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat brotowali yang baik untuk tubuh kelima bisa membantu memelihara kesehatan tulang. Brotowali mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. 

Tidak hanya itu, brotowali juga mengandung zat antioksidan, sehingga manfaat borotowali sangat baik untuk mencegah penyakit osteoporosis dan osteoarthritis. 

Namun, selain mengonsumsi brotowali, Anda juga perlu mengonsumsi makanan kaya kalsium, vitamin D, dan rutin berolahraga guna menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News