Jeruk Bali Kaya Vitamin C, Inilah Manfaat Lainnya untuk Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 25 Mei 2022 | 09:09 WIB
Jeruk Bali Kaya Vitamin C, Inilah Manfaat Lainnya untuk Tubuh

ILUSTRASI. Jeruk Bali Kaya Vitamin C, Inilah Manfaat Lainnya untuk Tubuh


MOMSMONEY.ID - Jeruk bali merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Selain rasanya yang enak, banyak manfaat jeruk bali yang bisa diperoleh dari beragam kandungan nutrisi penting di dalamnya. 

Jeruk bali kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan utama dari buah ini adalah vitamin C.

Baca Juga: Moms Perlu Coba! Inilah 5 Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan saat Program Hamil

Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat jeruk bali yang tidak boleh Anda lewatkan untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

1. Menjaga kesehatan otak

Manfaat jeruk bali untuk tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan otak. Kandungan flavonoidnya dapat menangkal penyakit seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. 

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah, termasuk jeruk bali, memiliki daya ingat yang lebih baik dan lebih jarang terkena pikun.  

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat jeruk bali untuk tubuh yang kedua adalah menurunkan kolesterol. Bukan cuma omega-3 yang terkandung dalam ikan saja yang mampu menurunkan kolesterol.

Jeruk Bali juga baik  untuk membantu memangkas kolesterol jahat karena kandungan serat larut di dalamnya. 

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat jeruk bali untuk tubuh yang ketiga adalah menyehatkan pencernaan. Buah sitrus, termasuk jeruk bali, dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan serat.

Berkat kandungan inilah jeruk bali dapat memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

4. Baik untuk mata

Manfaat jeruk bali untuk tubuh yang keempat adalah baik untuk kesehatan mata. Rutin mengonsumsi jeruk juga bisa menjaga kesehatan mata.

Menurut sebuah studi, kombinasi antara vitamin C dan E mampu mencegah katarak sekalipun pada kelompok berisiko tinggi. 

5. Mengurangi risiko kanker

Manfaat jeruk bali untuk tubuh yang kelima adalah mengurangi risiko kanker. Hal ini karena buah sitrus mengandung senyawa flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari serangan kanker. 

Banyak penelitian yang menunjukkan adanya keterkaitan buah sitrus, termasuk jeruk bali, dengan menurunnya risiko terkena penyakit kanker.

Itulah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Namun, jika Anda memiliki GERD atau maag, tidak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru