HOME, Santai

Merasa Hampa dalam Sebuah Hubungan? Bisa Jadi Itu Empty Love, Simak Tanda-Tandanya

Merasa Hampa dalam Sebuah Hubungan? Bisa Jadi Itu Empty Love, Simak Tanda-Tandanya

MOMSMONEY.ID - Apakan Anda pernah mendengar istilah empty love? Istilah empty love mungkin masih terasa asing bagi beberapa orang.

Namun, pastinya hampir semua orang memiliki kemungkinan untuk merasakan empty love. Bahkan mungkin sudah pernah mengalaminya sendiri.

Menurut teori yang dikemukakan oleh Dr. Stenberg, ada 7 macam jenis cinta yang dapat dirasakan oleh ssemua orang. Empty love merupakan salah satu dari tujuh jemis cinta yang juga umum terjadi.

Baca Juga: Jangan Bersedih, Ini 6 Keuntungan Anda Masih Jomblo

Empty love menurut teori Stenberg dapat di kategorikan dalam kondisi cinta yang tidak menunjukkan adanya intimasi atau passion walaupun ada pada satu komitmen yang sama.

Empty love bahkan dapat juga terjadi pada hubungan rumah tangga. Bentuk cinta yang kuat dan menggebu gebu tak lagi dirasakan walaupun berada dalam satu komitmen yang sama. Biasanya perasaan dan bentuk cinta tersebut telah berkembang atau berubah ke bentuk cinta yang lainnya.

Teori yang dikemukakan Stenberg mengenai teori segitiga cinta atau Triangular Theory of Love menjelaskan bahwa ada 3 komponen cinta yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan yaitu passion, intimacy, dan commitment. 

Jika salah satu dari komponen tersebut hilang, maka empty love bisa saja terjadi. Sebuah hubungan yang sedang berada dalam fase empty love biasanya menunjukkan tanda-tandanya.

Baca Juga: Tak Melulu Menyedihkan, Berikut Alasan LDR Merupakan Hubungan yang Istimewa

Salah satunya adalah tidak adanya keintiman yang terjadi diantara dua orang. Melansir dari laman Medium, intimasi merupakan hal yang berbeda dengan seks. Intimasi adalah sebuah ikatan diantara dua orang secara emosional yang mengikat keduanya untuk memahami satu sama lain.

Selain itu, ciri lainnya adalah kebosanan dan perbedaan dalam sikap maupun perbuatan. Menghilangnya gairah untuk berkomunikasi dan membicarakan hal mengenai hubungan bisa menjadi tanda sebuah empty love. 

Kesibukan biasanya juga bisa dijadikan alasan seseorang yang merasakan empty love. Biasanya orang yang mengalami empty love merasa malas untuk berkomunikasi dan tidak peduli dengan update kehidupan pasangannya.

Yang membedakan kesibukan di empty love dengan hubungan yang sehat adalah rutinitas dan tanggung jawab pada hubungan yang sehat dilihat sebagai hal yang mendukung hubungan bagi kedua belah pihak. 

Sedangkan dalam empty love, rutinitas dan tanggung jawab merupakan alasan dan pelampiasan dari rasa hampa dan kekosongan yang dirasakan dalm hubungan yang dijalani tanpa adanya keintiman dan passion.

Selanjutnya: Belanja di TaniHub Pakai BCA Bisa Dapat Diskon Rp 50.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News