Bugar

Menurunkan Tekanan Darah, Ini Sederet Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah, Ini Sederet Manfaat Kencur untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Manfaat kencur telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman herbal yang sering dikonsumsi sebagai jamu atau bumbu masakan ini bahkan disebut memiliki kemampuan untuk mencegah maupun mengatasi penyakit.

Tak hanya sebagai obat herbal, kencur juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam produk sampo, cuka, bedak, hingga aromaterapi.

Selain itu, melansir dari Web MD, ada beberapa manfaat kencur untuk kesehatan yang tak kalah dengan obat-obatan modern, di antaranya:

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati batuk

Manfaat kencur untuk kesehatan yang pertama bisa mengobati batuk dengan dicampuran dengan garam.

Meminum ramuan ini digadang-gadang bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

2. Meredakan nyeri dan peradangan

Manfaat kencur untuk kesehatan yang kedua adalah meredakan nyeri dan peradangan. Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang.

Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Anda dapat menggunakan kencur untuk meringankannya dan bisa dikonsumsi rutin untuk pencegahan.

Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Asam Urat

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kencur untuk kesehatan yang ketiga adalah menurunkan tekanan darah. Kencur telah lama digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

4. Mengurangi stres

Manfaat kencur untuk kesehatan yang terakhir adalah mengurangi stres. Efek ini bisa Anda peroleh ketika menghirup aromaterapi yang berbahan dasar kencur.

Kencur juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. 

Itulah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News