Keluarga

Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

MOMSMONEY.ID - Bingung memilih bagian sayap ayam saat memesan menu di restoran cepat saji? Tak perlu khawatir, kini MomsMoney hadirkan berbagai perbedaan potongan sayam ayam utuh: drumette, wingette, dan wing tip.

Sayap ayam utuh (whole chicken wing) dibagi menjadi potongan yang lebih kecil lagi. Hal ini difungsikan agar ayam lebih mudah dimasak, dapat matang merata, serta mudah dimakan.

Apabila Anda merentangkan sayap ayam utuh, maka terdapat 3 bagian sayap ayam/wing yang dapat dilihat, yakni: drumette, wingette, dan wing tip (ujung sayap).

Baca Juga: Ayam Kampung, Ayam Negeri, dan Ayam Broiler, Ini Aneka Ciri Perbedaannya

Drumette adalah bagian pangkal sayap, wingette merupakan bagian tengah sayap, serta wing tip yang merupakan ujung sayap.

Drumettes dan wingettes umumnya digunakan untuk masakan pada restoran ayam cepat saji. Sementara bagian tip kurang diminati karena punya ukuran yang sangat kecil.

Lantas, apa sih perbedaan ketiga potongan sayap ayam ini?

Perbedaan Bagian Sayap Ayam: Drumette, Wingette, dan Wing Tip

Baca Juga: Perbedaan Mentega dan Margarin, Manakah yang Paling Pas untuk Baking?

Drumette

Drumette merupakan salah satu dari ketiga bagian sayap ayam utuh (whole chicken wing). Drumette merupakan bagian sayap yang letaknya menempel di bagian utama ayam.

Bentuknya sekilas terlihat seperti chicken drumstick namun dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Bagaimana tidak, drumette memang sering dijuluki sebagai versi mungil dari drumstick.

Drumette sendiri merupakan bagian sayap ayam yang paling berdaging. Letak dagingnya berada di pangkal, menempel pada bagian utama ayam.

Bentuk drumette sebenarnya tidak beraturan. Salah satu ujungnya membulat dan berdaging, kemudian mengecil ke bawah hingga ke bagian tengah sayap.

Secara teknis, drumette masih tergolong ke dalam daging berwarna gelap yang memiliki tekstur super lembut dan rasio lemak lebih tinggi. Tekstur drumette sedikit lebih juicy dibandingkan wingette.

Baca Juga: 6 Perbedaan Gula Aren, Gula Jawa, dan Gula Merah yang Harus Anda Ketahui

Wingette

Wingette terkadang disebut juga “sayap datar atau flat wing”. Wingette merupakan bagian dari sayam ayam yang letaknya berada pada bagian tengah.

Wingette terdiri atas 2 tulang yang mendatar dengan daging di bagian tengahnya. Karena ukurannya yang tipis, wingette lebih mudah garing ketika digoreng. Sementara drumette lebih tebal sehingga teksturnya lebih juicy.

Perbedaan Bagian Sayap Ayam: Drumette, Wingette, dan Wing Tip

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

Wing Tip

Wing tip terletak di bagian ujung sayap ayam. Wing tip seringkali disebut “flapper”.

Wing tip bertulang dan mengandung sangat sedikit daging. Bahkan, ada pula wing tip yang hanya berisi kulitnya saja.

Meski wing tip sulit untuk dimakan karena berdaging sedikit, biasanya bagian yang satu ini dimanfaatkan sebagai kaldu ayam.

Itulah sederet perbedaan drumette, wingette, dan wing tip yang merupakan bagian dari sayap ayam utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News