HOME, Keluarga

Mengenal Nat Keramik, Apa Saja Fungsinya?

Mengenal Nat Keramik, Apa Saja Fungsinya?

MOMSMONEY.ID - Lantai adalah salah satu komponen yang wajib ada di rumah. Di Indonesia, umumnya lantai terdiri dari ubin-ubin keramik yang dipasang dengan berbagai macam pola.

Karena lantai selalu diinjak oleh penghuni rumah, pemasangannya harus tepat supaya kuat menahan beban di atasnya. Nah, di sinilah perekat keramik dan nat keramik memainkan perannya.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa perekat keramik berfungsi untuk menempelkan ubin keramik sehingga tidak mudah lepas. Namun, apa itu nat keramik, dan apa saja fungsinya untuk lantai rumah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

Apa itu nat keramik?

Dikutip dari laman tileoutlets.com, nat atau grout adalah campuran yang digunakan sebagai pengisi celah atau sambungan di antara ubin keramik yang sudah dipasang. Pengisian nat biasanya dilakukan setelah seluruh keramik sudah terpasang, sehingga menjadi langkah terakhir dari pemasangan keramik di dinding atau lantai.

Bahan yang biasanya terdiri dari semen, batu kapur, pigmen warna, dan pasir yang dicampur air. Karena mengandung pigmen warna, umumnya nat keramik dapat disesuaikan dengan warna keramik yang dipasang. Misalnya, lantai berwarna putih bisa menggunakan nat berwarna terang, begitu pula sebaliknya.

Selain itu, beberapa jenis nat juga memiliki sifat tahan air atau waterproof, sehingga tidak mudah ditembus oleh air.

Apa saja fungsi nat keramik?

Melansir laman Pinhome, fungsi utama nat adalah untuk mengisi celah di antara ubin keramik. Di sisi lain, ada juga beberapa fungsi nat keramik yang tidak boleh diabaikan, misalnya:

  • Merekatkan ubin keramik sehingga tidak mudah terlepas dan kuat menahan beban di atasnya.
  • Mencegah serangga dan kotoran masuk ke bagian bawah keramik.
  • Mencegah air merembes ke dalam keramik, sehingga tidak mudah lembap dan rusak.
  • Memberi tampilan halus dan rapi pada lantai dan dinding keramik.

Baca Juga: Bikin Keren, Simak 4 Tips Memajang Benda Koleksi di Rumah

Jenis-jenis nat keramik

Berdasarkan pemasangannya, ada beberapa jenis nat yang umumnya dijumpai di rumah-rumah, yaitu open joint, closed joint, dan expansion. Berikut penjelasannya:

Open joint adalah jenis nat yang dipasang dengan ukuran lebih dari 3 mm. Biasanya, jenis nat ini digunakan di lantai dua suatu hunian sehingga lantai tidak mudah memuai.

Closed joint adalah jenis nat yang dipasang dengan ukuran tidak lebih dari 3 mm. Umumnya, nat ini digunakan pada pemasangan keramik di dinding dan lantai.

Terakhir, ada jenis expansion joint yang dipasang dengan tujuan untuk mengantisipasi pergeseran struktur bangunan. Nat ini umumnya digunakan supaya lantai terhindar dari kejadian menggelembung dan meledak.

Nah, itulah beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui soal nat keramik. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News