HOME, Keluarga

Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

MOMSMONEY.ID - Soda kue atau baking soda adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk memasak, terutama untuk membuat kue. Walaupun fungsi utamanya adalah sebagai bahan kue, nyatanya bahan yang satu ini bisa digunakan untuk membersihkan rumah.

 Anda bisa menemukan berbagai resep produk pembersih buatan rumah yang menggunakan baking soda sebagai bahan utamanya.

Memang, baking soda dikenal ampuh menghilangkan bau tidak sedap dan mengangkat noda. Namun, penggunaannya tetap harus diperhatikan, sebab tidak semua benda cocok dibersihkan dengan baking soda.

Baca Juga: Malas Membersihkan Rumah Setelah Mudik? Coba Pakai Jasa Kebersihan Rumah Ini

Jadi, benda-benda apa saja yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan baking soda? Berikut penjelasannya.

Alat masak alumunium

Dikutip dari The Kitchn, pada dasarnya Anda bisa saja menggunakan baking soda untuk membersihkan alat makan alumunium. Namun, pastikan segera membilasnya karena baking soda yang didiamkan terlalu lama dapat menyebabkan alumunium mengalami oksidasi, sehingga warnanya akan berubah.

Benda antik dari perak

Jika punya benda-benda antik yang terbuat dari perak, sebaiknya jangan membersihkannya dengan baking soda. Sebab, butiran-butiran baking soda dapat bersifat terlalu abrasif, sehingga bisa menggores dan mengikis lapisan perak.

Benda berlapis emas

Beberapa benda keramik seperti piring dan cangkir antik kadang dilapisi dengan emas di pinggiran-pinggirannya. Nah, jika Anda memiliki benda-benda berlapis emas asli seperti ini, hindari menggunakan baking soda untuk membersihkannya. Emas tergolong logam yang lembut, sehingga sangat mudah tergores oleh butiran baking soda yang halus.

Baca Juga: 4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

Marmer

Marmer umumnya dipakai sebagai bahan untuk permukaan meja dapur atau keramik lantai. Untuk menjaga tampilan marmer yang cantik dan elegan, jangan menggunakan baking soda untuk membersihkan permukaannya. Pasalnya, penggunaan baking soda yang berlebihan bisa menggores dan merusak lapisan-lapisan marmer.

Baca Juga: Awas, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian

Kaca

Prinsip utama dalam merawat permukaan kaca adalah memastikan agar permukaannya tidak mudah tergores. Nah, dilansir dari Taste of Home, baking soda merupakan salah satu bahan yang tidak disarankan untuk membersihkan kaca karena butirannya yang abrasif bisa menggores permukaan kaca, sehingga mengurangi tampilannya.

Kayu

Terakhir, Anda sebaiknya tidak menggunakan baking soda untuk membersihkan permukaan kayu, baik pada furnitur maupun lantai. Sama seperti benda-benda lainnya di atas, baking soda dapat menggores dan mengikis lapisan pelindung pada kayu, sehingga merusak permukaan furnitur maupun lantai yang dibersihkan.

Nah, itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan baking soda. Bagaimana, sekarang sudah lebih paham, kan? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News