HOME, Keluarga

Mengenal Makna Lucky Bamboo dalam Feng Shui, Hoki Jadi Berlimpah

Mengenal Makna Lucky Bamboo dalam Feng Shui, Hoki Jadi Berlimpah

MOMSMONEY.ID - Dalam feng shui, lucky bamboo atau bambu hoki adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak direkomendasikan sebagai dekorasi rumah.

Tak heran, sebab tanaman yang satu ini dipercaya dapat memberikan berbagai keberuntungan dan rezeki untuk penghuni rumah. Selain itu, tampilannya yang simpel dan cantik juga akan menambah daya tarik rumah Anda.

Penggunaan lucky bamboo dalam feng shui tentu bukan tanpa alasan. Lucky bamboo memiliki maknanya tersendiri sehingga dipercaya akan mendatangkan rezeki.

Nah, sebelum menggunakan lucky bamboo sebagai dekorasi rumah, yuk kenali dulu makna tanaman yang satu ini dalam feng shui!

Baca Juga: Interior Makin Menawan, Ini 5 Tren Dekorasi Dinding Rumah Tahun 2022

Apa itu lucky bamboo?

Karena bernama lucky bamboo atau bambu hoki, mungkin Anda berpikir jika tanaman ini termasuk salah satu jenis bambu.

Kenyataannya, tanaman ini justru termasuk dalam keluarga dracaena atau bunga lili dan berasal dari Afrika dan Asia Tenggara. Tanaman ini diberi nama lucky bamboo karena batangnya yang menyerupai bambu asli.

Berbeda dengan bambu asli, lucky bamboo memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan bisa digunakan di dalam ruangan. Tanaman ini cukup populer digunakan sebagai tanaman hias.

Dilansir dari The Spruce, lucky bamboo dan bambu asli memiliki makna dan simbolisme yang sama dalam feng shui. Oleh karena itu, keduanya bisa saling menggantikan.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Makna Warna-Warna di Interior Rumah Anda

Makna lucky bamboo dalam feng shui

Dalam feng shui, lucky bamboo memiliki makna dan simbolisme yang identik dengan sifat-sifat baik.

Misalnya, lucky bamboo memiliki batang yang kuat dan dapat tumbuh dengan cepat. Hal tersebut melambangkan pertumbuhan, kemuliaan, dan fleksibilitas.

Selain itu, lucky bamboo memiliki batang yang kosong di bagian tengahnya. Batang tersebut melambangkan hati seseorang yang terbuka dan merendah.

Dikutip dari Livspace, lucky bamboo akan membantu menghadirkan keberuntungan, rezeki, kesehatan, dan kemakmuran bagi penghuninya. Lucky bamboo juga dapat meningkatkan aliran energi baik atau energi chi ke seluruh rumah.

Baca Juga: 5 Tips Mempercantik Rumah dengan Tanaman Hias Artifisial

Penggunaan lucky bamboo dalam feng shui

Saat menggunakan lucky bamboo, Anda perlu memperhatikan jumlah batangnya karena setiap jumlah batang lucky bamboo memiliki makna yang berbeda-beda dalam feng shui.

Jadi, jika Anda memiliki tujuan tertentu, Anda bisa menyesuaikannya dengan jumlah batang lucky bamboo yang digunakan di rumah.

Mengutip Love to Know, berikut makna di balik setiap jumlah batang lucky bamboo:

  • Keberuntungan: 1 atau 9 batang
  • Cinta: 2 batang
  • Kebahagiaan: 3 batang
  • Kesehatan: 5, 7, atau 21 batang
  • Kemakmuran: 3 atau 6 batang
  • Pertumbuhan: 8 batang
  • Kesempurnaan: 10 batang

Dari daftar di atas, Anda tidak akan menjumpai angka 4 (empat). Mengapa? Sebab, dalam bahasa Mandarin, angka empat memiliki bunyi yang sama dengan kata kematian.

Jadi, penggunaan empat batang lucky bamboo tidak disarankan karena dipercaya dapat membawa kesialan dan menguras energi baik di rumah.

Itulah penjelasan mengenai lucky bamboo beserta maknanya dalam feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News