HOME, Bugar

Mengenal Kandungan Gizi Buah Kelengkeng yang Baik untuk Tubuh

Mengenal Kandungan Gizi Buah Kelengkeng yang Baik untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah Kelengkeng atau Dimocarpus longan Lour ini banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis, termasuk Indonesia.

Kelengkeng sering dikonsumsi secara langsung setelah dikupas atau dijadikan campuran sup buah atau es buah. Manfaat sehat dari buah ini didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Dalam hitungan 50–100 gram buah kelengkeng, terdapat setidaknya 150–250 kalori. Selain itu, jenis buah berbiji kecil ini juga kaya akan kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid, dilansir dari data Kemenkes.

Dilansir dari Mayo Clinic, manfaat sehat lainnya juga bisa didapat dari kandungan serat, air, protein atau asam amino, mineral, serta beragam kandungan vitamin.

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! 5 Makanan untuk Cegah Kanker Payudara

Dirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah kelengkeng.

1. Melawan radikal bebas

Paparan radikal bebas, terutama jika menumpuk di dalam tubuh, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Hal ini terjadi karena radikal bebas bisa memicu kerusakan sel tubuh.

Salah satu cara untuk mencegah hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya buah kelengkeng. 

2. Memperkuat tulang

Mengonsumsi buah kelingking ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Buah ini juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang berperan penting dalam mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang.

Bahkan, sebuah peneltian tahun 2015 menyatakan bahwa fosfor dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang secara signifikan.

Selain itu, kandungan nutrisi pada buah kelengkeng tersebut juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mencegah masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan kulit dan mata 

Seperti dikatakan sebelumnya, manfaat sehat dalam buah ini didapat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan antioksidan dan vitamin C bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan pada mata, serta menurunkan risiko penyakit mata akibat bertambahnya usia, seperti degenerasi makular dan katarak.

Selain itu, nutrisi dalam buah ini juga bisa membantu merangsang kulit memproduksi kolagen. 

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat yang juga bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah kelengkeng adalah meningkatnya kesehatan otak. Ya, buah ini diduga dapat membantu mencegah penyakit Parkinson karena dapat melindungi otak dari kerusakan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada hewan juga membuktikan bahwa kandungan polisakarida dari buah ini dapat mengurangi kerusakan otak pada penderita stroke dan meningkatkan enzim antioksidan pada otak.

5. Sumber vitamin C yang baik

Mengonsumsi setengah mangkuk kelengkeng sudah dapat memenuhi 80 persen asupan harian vitamin C Anda. Penyerapan zat besi bergantung pada vitamin C.

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Itulah beragam manfaat buah kelengkeng yang perlu diketahui. Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat dan melengkapinya dengan berolahraga serta asupan multivitamin tambahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News