Santai

Mengenal Finku, Aplikasi yang Bisa Bantu Kelola Keuangan

Mengenal Finku, Aplikasi yang Bisa Bantu Kelola Keuangan

MOMSMONEY.ID - Mengelola keuangan pribadi bisa jadi hal yang sulit dilakukan. Apalagi dalam menentukan anggaran hingga melacak pengeluaran tiap bulannya. Namun, kini sudah terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda mengatur keuangan Anda. Salah satunya, Finku.

Co-Founder Finku, Shyam Kalairajah menerangkan, Finku sangat membantu bagi individu atau keluarga yang memiliki beberapa akun finansial untuk mengelola keuangan. Ini bisa dilakukan mengingat aplikasi ini memberikan gambaran lengkap mengenai keuangan pribadi. Menurutnya, aplikasi ini pun bisa dimanfaatkan oleh para ibu.

"Khususnya bagi para ibu yang mengelola keuangan keluarga, aplikasi kami memungkinkan mereka untuk memiliki gambaran umum mengenai akun finansial suami, juga akun investasi yang mereka siapkan untuk masa depan anak-anak mereka," terang Shyam kepada Momsmoney, Jumat (30/9).

Aplikasi yang didirikan sejak 2021 oleh Shyam dan co-founder lainnya yakni Reinaldo Tendean and Shylla Pramadhani, memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur keuangan.

Untuk mengatur keuangan, pengguna bisa mengintegrasikan seluruh akun bank, dompet elektronik dan akun investasi untuk memantau saldo dan transaksi dalam aplikasi ini. Finku pun menyediakan fitur anggaran, bayar tagihan, dan target jangka panjang  seperti pendidikan anak atau pensiun.

Tak hanya itu, bila Anda membutuhkan bantuan finansial, Finku pun menyediakan pinjaman berbiaya rendah. "Kami menawarkan tarif yang jauh lebih rendah dibanding pemberi pinjaman P2P lainnya karena kami merasa bahwa pengguna yang mampu mengatur keuangan secara aktif jauh lebih kecil kemungkinannya untuk gagal bayar dibanding peminjam keuangan pada umumnya," terang Shyam.

Baca Juga: Cegah Penuaan Dini, Kenali 4 Manfaat Buah Nanas untuk Merawat Kulit

Meski saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan, Shyam memastikan Finku menawarkan berbagai hal yang membuatnya berbeda dengan aplikasi lain. Misalnya, Finku yang memiliki integrasi akun finansial paling banyak. Dengan begitu, akun bank, dompet elektronik, maupun akun investasi yang Anda gunakan bisa ditemukan di Finku.

Dia juga menyebut Finku telah bermitra dengan jumlah mitra terbesar untuk promosi konsumen, seperti diskon saat memulai investasi di Akseleran, Komunal, maupun Triv. Tak hanya itu, Shyam juga menyebut Finku adalah satu-satunya yang menawarkan produk pinjaman selain produk keuangan pribadi.

"Kami tidak hanya membantu masyarakat menabung lebih banyak, tapi juga mampu membantu mereka pada saat dibutuhkan melalui pinjaman yang pastinya berbunga rendah," ujarnya.

Lebih lanjut, Shyam mengingatkan pentingnya penggunaan aplikasi perencanaan keuangan ini, atau melacak dan merencanakan keuangan. Menurutnya ini lantaran rumah tangga Indonesia hanya menabung 12% dari pendapatan mereka dan 80% penduduk Indonesia tidak merencanakan pensiun secara aktif.

padahal menurutnya, bila seseorang menghadapi masalah finansial mendadak baik pengangguran atau kehamilan anak yang tak direncanakan, ini bisa menempatkan mereka pada risiko tinggi karena mungkin menghadapi kesulitan keuangan.

"Disinilah peran penting dari pelacakan dan perencanaan. Finku bertujuan agar orang-orang menabung lebih banyak, dan mulai memikirkan target jangka panjang seperti pensiun muda. Kami ingin pengguna memahami berapa pendapatan dan pengeluaran total keluarga setiap bulannya," ujar Shyam.

Sebagai informasi, hingga akhir September Finku sudah memiliki 600.000 pengguna, dan fokus utama Finku dalam mengakuisisi pengguna adalah melalui referral pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News