Bugar

Cegah Penuaan Dini, Kenali 4 Manfaat Buah Nanas untuk Merawat Kulit

Cegah Penuaan Dini, Kenali 4 Manfaat Buah Nanas untuk Merawat Kulit

MOMSMONEY.ID - Buah nanas memiliki rasa manis, asama dan segar ketika dikonsumsi. Biasanya buah nanas sering diolah menjadi makanan rujak atau jus buah. Dibalik rasanya yang enak, ternyata buah nanas memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Setidaknya ada 4 manfaat buah nanas. 

Jika Anda penikmat buah nanas, kenali manfaatnya untuk merawat kulit wajah dan tubuh. Melansir dari herworld.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat pertama buah nanas untuk kulit adalah mengatasi penuaan dini. Buah nanas mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa memperlambat proses penuaan kulit sekaligus melakukan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit.

Saat mencampurkan nanas dengan santan, Anda bisa merasakan manfaat yang lebih. Caranya potong buah nanas segar dan mencampurkannya dengan dua sendok makan santan. Kemudian diblender hingga mendapatkan pasta halus.

Tuang ke mangkuk bersih, lalu celupkan jari ke pasta dan aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan hingga kering selama lima menit sebelum Anda bilas dengan air hangat. Setelah kering, dilanjutkan dengan pelembap.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Manfaat buah nanas untuk kulit selanjutnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV. Buah nanas mengandung vitamin C dimana bisa melindungi kulit dari sinar UV. Kulit Anda akan terhindar dari iritasi atau peradangan akibat sinar ultraviolet yang kerap ditemui saat Anda banyak beraktivitas di luar ruangan.

Dampak jangka panjangnya, jika kondisi kulit ini dibiarkan tanpa perlindungan dari sinar UV, adalah kanker kulit.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Melembabkan Kulit Wajah Secara Alami, Cobain Yuk!

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

Berikutnya, buah nanas ternyata bisa menyamarkan bekas jerawat. Buah nanas mengandung enzim bromelain dan asam askorbat (alias vitamin C) yang mampu untuk samarkan noda hitam dan meratakan warna kulit wajah. Anda dapat mengaplikasikan sari buah nanas sebagai spot treatment, diamkan selama lima menit sebelum dibilas hingga bersih.

4. Melembabkan Kulit di Area Kulit

Manfaat buah nanas untuk kulit lainnya adalah dapat melembabkan kulit di area kulit. Anda bisa memberikan perawatan ekstra di area kaki dengan melakukan proses eksfoliasi untuk lembapkan kulit pada area tersebut.

Caranya dengan mencampurkan setengah gelas gula merah dengan seperempat gelas air buah nanas. Lalu, rendam kedua kaki Anda dan fokus mengeksfloliasi area-area kaki yang terasa kering maupun kasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News