Mengenal Elemen dalam Gaya Farmhouse yang Terkesan Rustic dan Nyaman

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 25 November 2021 | 12:33 WIB
Mengenal Elemen dalam Gaya Farmhouse yang Terkesan Rustic dan Nyaman

ILUSTRASI. Kenali elemen atau unsur yang biasanya digunakan dalam gaya interior farmhouse.

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menyukai rumah yang bergaya rustic, coba pertimbangkan untuk menggunakan gaya interior farmhouse.

Dilansir dari The Spruce, gaya farmhouse merupakan gaya interior rumah yang banyak menggunakan unsur-unsur dari gaya rustic, misalnya elemen natural berupa kayu dan warna-warna netral yang lembut.

Mengambil inspirasi dari rumah peternakan atau pertanian yang populer di Amerika, gaya ini mengedepankan kesan yang simpel dan fungsional di dalam suatu rumah. Jadi, rumah bergaya farmhouse akan terasa sangat nyaman sekaligus stylish.

Untuk mewujudkan rumah bergaya farmhouse, tentu ada elemen-elemen tertentu yang harus dipenuhi. Dirangkum dari Star Furniture dan Spacejoy, berikut elemen yang biasanya ditemukan dalam rumah farmhouse.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gaya Interior Modern dan Kontemporer

Furnitur dan dekorasi yang praktis

Rumah bergaya farmhouse umumnya lebih mengedepankan aspek fungsionalitas atau kepraktisan dibandingkan estetika. Jadi, selama furnitur atau dekorasi yang ada bisa digunakan dengan baik, hal tersebut sudah cukup.

Selain itu, barang-barang yang ada di rumah bergaya farmhouse juga cenderung simpel dan nyaman digunakan. Sofa dengan dudukan yang empuk dan nyaman juga umum dijumpai dalam rumah bergaya farmhouse.

Bahan-bahan natural

Untuk memberi kesan rustic, rumah bergaya farmhouse banyak menggunakan material atau bahan-bahan yang natural.

Misalnya, struktur rumah dan furnitur yang berbahan kayu, dinding berbahan batu alam, hingga tirai, selimut, bantal, dan sofa berlapis kain katun atau linen yang organik.

Tekstur yang bervariasi

Supaya interior rumah bergaya farmhouse tidak terlihat datar dan membosankan, Anda bisa bermain dengan variasi tekstur, baik pada struktur rumah, furnitur, maupun dekorasinya.

Sebagai contoh, Anda bebas memadukan furnitur berbahan kayu, bantal berlapis kain kanvas, tembok batu alam, bahkan aksen metalik yang terlihat antik. Jangan takut untuk berkreasi hingga Anda mendapatkan tampilan rumah bergaya farmhouse yang diinginkan.

Baca Juga: 7 Tips Mendekorasi Rumah Supaya Terlihat Mewah, Tak Perlu Biaya Mahal!

Furnitur dengan bentuk beragam

Dalam mengatur atau menata furnitur di rumah bergaya farmhouse, Anda bebas mengombinasikan beragam gaya dan bentuk furnitur. Jadi, furnitur dan dekorasi di dalam rumah tidak harus terlihat serasi.

Anda bisa menggabungkan furnitur yang terlihat modern dengan furnitur antik, furnitur kayu dengan furnitur metal, hingga furnitur yang keras dengan furnitur empuk.

Warna-warna netral dan natural

Rumah bergaya farmhouse umumnya menggunakan palet warna yang terkesan netral dan natural, sehingga memberikan kesan sederhana yang nyaman.

Anda bebas menggunakan warna netral yang hangat atau dingin, warna earth tone, maupun warna biru dan hijau yang terkesan natural. Anda juga bisa menggunakan warna-warna kayu atau metal sebagai tambahan warna yang menarik.

Kesan simpel dan tidak sempurna

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya interior farmhouse mengedepankan aspek fungsionalitas dan kepraktisan dibandingkan estetika.

Jadi, interior rumah Anda tidak harus terlihat ekstra rapi atau sangat sempurna. Yang penting, interior rumah Anda terlihat simpel dan nyaman untuk ditempati.

Itulah beberapa elemen yang umumnya dijumpai pada rumah bergaya farmhouse. Bagaimana, tertarik menggunakan gaya ini pada interior rumah Anda?

Selanjutnya: Kenali 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

Editor: Kania Paramahita
Terbaru