HOME, Santai

Mengenal 3 Jenis Tidur Siang Dilihat dari Durasi dan Fungsinya. Simak Penjelasannya!

Mengenal 3 Jenis Tidur Siang Dilihat dari Durasi dan Fungsinya. Simak Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Tidur siang merupakan kegiatan yang tak banyak dilakukan orang-orang yang memiliki kesibukan padat. Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. 

Tidur siang sendiri ternyata memiliki beberapa jenis, fungsi dan bahkan durasi dari setiap jenisnya bisa berbeda-beda.

Baca Juga: Hentikan 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak Mau Gairah Seks Menurun

Bagi yang penasaran, berikut ini adalah beberapa jenis dari tidur siang yang tak banyak diketahui orang.

The Power Nap

Jenis tidur siang ini hanya memiliki durasi 15 menit dan memiliki waktu efektif pada pukul 1 siang hingga 3 sore. Jenis tidur ini cocok bagi orang-orang sibuk dan membutuhkan waktu istirahat sejenak dari pekerjaan.

Manfaat yang diperoleh dari the power nap adalah membantu meningkatkan memori dan daya ingat di otak.

Melansir dari halaman Verlo, pada tahap ini seseorang akan masuk pada kenyenyakan tidur di tahap II. Di mana pada fase tersebut, memori jangka panjang dan pendek akan ditingkatkan.

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Hal Positif, Membaca Juga Berikan 5 Manfaat Kesehatan Ini, lo!

Snooze Session

Snooze session memiliki durasi yang lebih panjang dari the power nap, yakni selama 30 menit. Jenis tidur siang ini cocok bagi orang-orang yang merasa kurang tidur pada malam sebelumnya.

Snooze session dapat dilakukan paling efektif pada waktu 6 jam setelah bangun pagi. Sehingga ketika seseorang bangun pukul 7 pagi, maka snooze session akan sangat efektif dilakukan pada pukul 1 siang.

Full On Naps

The National Sleep Foundation menyatakan bahwa seseorang bisa tidur siang selama 90 menit jika melakukan tidur siang dengan tipe ini. Setelah bangun dari tidur siang jenis ini, maka tubuh tentunya akan terasa lebih segar.

Sama seperti snooze session, tidur siang ini sebaiknya dilakukan 6 jam dari waktu bangun pagi atau sesegera mungkin jika begadang semalaman.

Menurut laman Pro Nappers, tidur dalam durasi ini juga dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat memori dan kreatifitas seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News