Santai

Mengecat Trim, Ini 6 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulainya

Mengecat Trim, Ini 6 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulainya

MOMSMONEY.ID - Sebuah rumah dengan trim yang usang sama seperti mengenakan pakaian dengan sepatu yang lecet. Anda bisa menghadapinya, tetapi terlihat berantakan. 

Mengecat trim di rumah Anda, mulai dari lis plafon (crown molding), lis dinding atau rel kursi adalah salah satu cara mengubah ruangan tanpa  perbaikan besar-besaran. Trim hampir seperti sebuah perhiasan di suatu ruangan. 

Melansir Architectural Digest, untuk menambahkan keindahan yang nyata coba hindari menggunakan warna putih dan coba mainkan warna uang bisa menambah kedalaman dan mengangkat seluruh ruangan. 

Baca Juga: Catat! Ini 10 Tanaman Herbal yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Mengecat trim adalah proses yang sederhana. Berikut 6 hal yang perlu Anda tahu sebelum mengecat trim pada rumah Anda. 

Siapkan trim Anda

Sebelum mengecat trim, pastikan trim Anda dalam kondisi siap. Mulai dengan mendempul tepi luar trim, mengamplas trim yang telah mengelupas, mengisi lubang paku dan menghaluskan sudut trim. 

Dengan menyiapkan trim ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang rapi dan segar. Untuk mengecatnya, gunakan kuas berukuran 5,59 cm. 

Berani dalam menggunakan warna

Memilih warna cat untuk trim adalah keputusan pribadi, tapi menggunakan warna yang semarak adalah tren saat ini. Ide menggunakan dinding berwarna putih dengan trim berwarna putih yang lebih cerah memang cocok, namun tidak sesuai dengan gaya rumah modern.

Menggunakan warna yang lebih berani untuk trim jendela atau pintu akan menambah kontras dan kesan menarik. Sebagai alternatif coba padukan warna netral seperti abu-abu untuk trim dengan warna dinding turquoise. 

Pertimbangkan tentang kemilau

Dalam memilih warna untuk mengecat trim, pertimbangkan ide kemilau. Caranya pilih warna satu level di atas warna dinding. Misalkan menggunakan warna cat dinding flat harus sebaiknya dipasangkan dengan trim satin. Sedangkan dinding berwarna cat telur asin paling baik dipasangkan dengan trim semi gloss. 

Cat terlebih dahulu sebelum memasangnya

Untuk proyek baru, sebaiknya cat trim rumah Anda terlebih dahulu sebelum memasangnya. Ini akan mengurangi sakit kepala dan mencegah cat trim mengotori dinding Anda. Namun jika trim sudah terpasang, jangan lupa tempel selotip yang aman untuk dinding sebelum mengecatnya.

Gunakan cat dasar untuk trim kayu

Apabila Anda akan mengecat kayu asli, bukan trim yang sebelumnya pernah dicat jangan lupa menggunakan cat dasar. Cat ini berfungsi untuk memblokir noda agar simpul kayu tidak terlihat melalui cat. 

Mengecat trim perlu kesabaran

Melakukan pengubahan dan perbaikan kondisi trim bukanlah pekerjaan yang mudah, terutama jika trim memiliki detil yang rumit. Sehingga saran terbesar sebelum mengecat trim adalah Anda membutuhkan kesabaran dan jangan terburu-buru. 

Baca Juga: Tips Fesyen Untuk Lebaran Ala iStyle.id

Demikian 6 hal yang perlu Anda pahami atau ketahui sebelum mengecat trim. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News