HOME, Santai

Mengapa Wajah Terlihat Bengkak? Kenali 4 Faktor Penyebabnya Berikut Ini!

Mengapa Wajah Terlihat Bengkak? Kenali 4 Faktor Penyebabnya Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Masalah yang terjadi di sekitar area wajah tentunya bisa menjadi hal sensitif terutama bagi para perempuan, termasuk wajah yang puffy atau terlihat bengkak.

Tampilan wajah yang bengkak bisa terjadi karena beberapa hal yang mempengaruhinya dan secara umum karena retensi air atau kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh.

Namun, ada juga beberapa faktor lainnya yang juga menjadi penyebab area wajah menjadi terlihat bengkak. Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca Juga: Simak 4 Tanda Seseorang yang Memiliki Sifat Dewasa Ini, Yuk!

Alergi

Penyebab lain yang menjadi faktor umum pembengkakan pada area wajah adalah karena alergi. Laman Health Line menjelaskan bahwa alregi akan menyebabkan inflamasi yang berdampak pada terjadi pembengkakan.

Alergi bisa saja terjadi karena efek pengobatan, makanan, maupun penyakit lainnya yang membuat wajah menjadi terlihat bengkak di area sekitar mata dan mulut. Biasanya reaksi alergi yang menyebabkan pembengkakan terjadi setelah 24-36 jam setelah terkena eksposure.

Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi yang juga disebabkan karena adanya inflamasi dan menyebabkan wajah terlihat bengkak. Inflamasi ini terjadi pada area pernafasan atau hidung tepatnya pada area sinus.

Sinusitis bisa terjadi karena adanya virus, bakteri, dan juga alergi yang menimbulkan banyak reaksi. Seperti wajah bengkak, pusing atau sakit kepala, pilek, dan juga batuk.

Baca Juga: Bisa Bantu Terapi Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental!

Abses gigi

Abses adalah luka yang muncul akibat infeksi bakteri yang bisa terjadi di mana saja termasuk pada area mulut. Laman Women’s Health Mag menjelaskan bahwa bakteri yang ada pada gigi dan menyebabkan sakit gigi bisa menjadi penyebab wajah terlihat bengkak.

Untuk menghindari hal tersebut biasanya setelah menjalani pengobatan pada dokter gigi akan diberikan obat antibiotik untuk melemahkan bakteri yang mungkin berkumpul dan menyebabkan luka atau abses pada gigi.

Menstruasi

Pada saat menstruasi biasanya tubuh perempuan cenderung memiliki lebih banyak kandungan air dari biasanya. Hal tersebutlah yang membuat tubuh khususnya pada area wajah menjadi terlihat bengkak dari biasanya.

Agar tidak semakin menjadi bengkak ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan dengan tinggi garam, fast food, alcohol, dan juga makanan gorengan yang terlalu berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News