HOME, Bugar

Mendampingi Pasien Covid 19 di Rumah, Tetap Taati Protokol Kesehatan

Mendampingi Pasien Covid 19 di Rumah, Tetap Taati Protokol Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Moms, sah-sah saja jika ada anggota keluarga yang melakukan isolasi di rumah. Dengan catatan, Anda harus menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular. 

Menurut dr.Yosephine Simanungkalit, sebaiknya  anggota keluarga yang positif mencari tempat isolasi yang aman baginya. Namun, apabila  di rumah ada kamar yang bisa digunakan untuk isoman, serta keluhannya tidak berat, maka boleh dilakukan isoman di rumah asalkan tidak ada kontak sama sekali dengan anggota keluarga lain. 

Baca Juga: Hokben Tawarkan Paket Isoman Mulai Rp 30.000 per Porsi

Lantas, dr. Yo menyarankan, siapkan barang keperluan pribadi dan juga akses ke kamar mandi tanpa melewati anggota keluarga yang lain. Siapkan pula obat-obatan yang diberikan oleh petugas kesehatan di ruang isolasi beserta kebutuhan primer lainnya yang harus selalu diberikan, seperti makanan dan minuman.

Ia juga berpesan bahwa semua  harus selalu memakai masker di rumah dan juga menjaga kekebalan tubuh dengan pola hidup yang sehat.

"Lakukan juga protokol kesehatan yang baik dan benar jika terpaksa harus berkegiatan di luar rumah," kata dr. Yo pada Momsmoney.id

Selain itu, jika  memang  sudah ada salah satu anggota keluarga yang positif, sebaiknya semua yang ada di rumah tersebut melakukan swab. Jika ternyata sudah terbukti negatif, bisa beraktivjtas di luar rumah. 

Penting juga untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau rumahsakit, jika anggota keluarga tersebut mengalami perburukan.  Nantinya pasien bisa dibawa ke fasilitas kesehatan dengan protokol Covid.

"Dalam masa menunggu sebaiknya pasien (dibantu) melakukan posisi proning (tidur tengkurap) untuk membantu pernafasan," ujar dr. Yo.

 Menurut dr. Yo, Anda bisa berinteraksi lagi dengan anggota keluarga yang positif apabila dokter sudah menyatakan bahwa pasien tersebut telah sembuh. Walaupun, menurut penelitian, pasien akan sembuh setelah 10 hari ditambah 3 hari tanpa gejala.

Selanjutnya: Positif Covid, Apa Hal yang Perlu Dilakukan Selama Isolasi Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News