HOME, Bugar

Menakjubkan! 4 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan

Menakjubkan! 4 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Manfaat puasa sunnah Senin Kamis untuk kesehatan sangat beragam. Manfaat puasa Senin Kamis yang bisa didapatkan tubuh antara lain menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, hingga mencegah kepikunan.  

Tak hanya itu, manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan juga tak hanya dapat diraih dari sisi religius saja. Jika rutin dilakukan, puasa Senin Kamis bisa menurunkan risiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, menjauhkan penyakit jantung, hingga mencegah kanker. 

Dari sekian banyak manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan perempuan, Momsmoney.id merangkum 4 manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan. Berikut penjelasannya. 

1. Membantu membersihkan kulit dan mencegah jerawat

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya dapat membantu membersihkan kulit. Saat berpuasa tubuh akan memberhentikan sistem pencernaan oleh sebab itu tubuh dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. Biasanya jerawat dan kondisi kulit lainnya seperti eksim akan hilang lebih cepat saat seseorang berpuasa. 

Selain itu, puasa merupakan reaksi biologis alami yang memicu kesembuhan. Tanpa makanan untuk dicerna, tubuh kita juga dapat lebih memfokuskan energinya pada penyembuhan dan pemulihan.  

Baca Juga: Simak 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

2. Menurunkan berat badan

Sebuah survei tahun 2000 seperti dikutip Womens Health Magazine menemukan, 49 persen wanita AS yang ditanya tentang alasan bahagia menyatakan, mereka bahagia ketika bisa menurunkan berat badan. 

Menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat puasa Senin Kamis. Saat berpuasa, Anda akan makan atau minum lebih sedikit. Kondisi ini dapat bantu menurunkan berat badan. Saat puasa, terjadi penurunan kadar hormon insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon norepinefrin. 

Keadaan ini dapat merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang mempengaruhi proses penurunan berat badan. 

Baca Juga: 5 Jenis Jerawat yang Harus Moms Ketahui

3. Sistem kekebalan tubuh 

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan perempuan yang paling ampuh adalah meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh karena diduga dapat membantu menurunkan kerusakan jaringan akibat radikal bebas. Nyatanya, radikal bebas adalah zat yang sering dihubungkan dengan penuaan dan penyakit-penyakit kronis. 

Begitu banyak manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan perempuan. Jadi, jangan ragu lagi jika Anda ingin melakukannya secara berkelanjutan. Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan perempuan memang sangat beragam. 

Namun ingat, manfaat ini tidak akan serta-merta didapatkan saat Anda baru pertama kali berpuasa. Puasa yang dilakukan secara rutin dalam jangka panjang dan disertai dengan gaya hidup yang sehat akan memberikan berbagai kebaikan untuk kesehatan Anda. 

Selanjutnya: Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News