HOME, Bugar

Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Bunga chamomile atau kamalia adalah bunga yang dapat dijadikan sebagai teh dengan mengambil bagian mahkotanya. Anda bisa merasakan manfaat chamomile untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada kulit tubuh maupun wajah.

Bunga chamomile mengandung flavonoid yang diyakini mampu untuk menangkal berbagai macam radikal bebas serta dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit. 

Selain masalah kulit, mengonsumsi teh bunga chamomile sebagai bermanfaat membantu menenangkan saraf-saraf yang tegang, bahkan dipercaya dapat membunuh sel penyebab penyakit kanker.

Ketika Anda mengalami masalah tidur malam atau susah untuk beristirahat, cobalah untuk mengonsumsi teh chamomile. Manfaatnya adalah membuat kualitas tidur menjadi lebih nyenyak serta dapat membuat istirahat lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Atasi Sembelit Secara Alami dengan Mengonsumsi Buah-buahan Berikut ini

Berikut ini rangkuman beberapa sumber mengenai manfaat bunga chamomile untuk kesehatan sampai kecantikan.

1. Meremajakan kulit wajah

Dalam chamomile terdapat kandungan flavonoid dan polyphenols yang berfungsi agar menjadikan kulit menjadi terjaga serta menghilangkan penuaan dini

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam teh chamomile disebut efektif untuk mengatasi masalah peremajaan kulit dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

2. Membuat kulit wajah menjadi lebih sehat

Anda bisa memanfaat chamomile untuk dijadikan sebagai face spray juga. Ini berguna agar mengembalikan kelembapan serta kesegaran kulit yang hilang karena aktivitas seharian. Anda cukup memasukkan bunga chamomile yang sudah dijadikan teh kedalam botol spray untuk disemprotkan ke area wajah atau tubuh. 

3. Menghilangkan lingkar hitam mata 

Manfaat chamomile lainnya ialah dapat mengatasi masalah pada kantung mata. Bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur, dampaknya dapat berakibat pada kurang tidur yang menimbulkan lingkaran hitam di daerah sekitar mata. 

Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat membuat teh dengan air panas, kemudian dinginkan teh chamomile ke dalam kulkas atau cukup ditaruh di tempat dengan suhu yang cukup agar cepat dingin. Kemudian setelah dirasa sudah dingin, gunakan bagian kantung teh nya untuk di kompres pada bagian mata yang mengalami lingkaran hitam.

Baca Juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengobati diabetes dan menurunkan gula darah

Sebuah penelitian yang menyatakan bawah teh chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Efek ini dapat membantu mengurangi risiko jumlah penderita komplikasi diabetes jangka panjang.

5. Mengurangi nyeri haid pada perempuan

Merajuk dari laman Medical News Today, sebuah penelitian tahun 2010 mengatakan bahwa mengonsumsi teh chamomile sangat baik untuk perempuan karena bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

6. Mencegah sel kanker berkembang

Pada tahun 2012, sebuah penelitian membandingkan antara teh marigold dan chamomile. Ternyata, keduanya dapat menargetkan sel kanker atau bahkan mencegah sel tersebut berkembang.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan chamomile secara rutin. Selamat mencoba ya, Moms!

Selanjutnya: Lengkap! Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News