Memiliki Konsep yang Sama, Ini Letak Perbedaan Aquascape dan Paludarium

Sumber: UNAIR
Jumat, 26 November 2021 | 11:47 WIB
Memiliki Konsep yang Sama, Ini Letak Perbedaan Aquascape dan Paludarium

ILUSTRASI. Memiliki Konsep yang Sama, Ini Letak Perbedaan Aquascape dan Paludarium

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menyukai tanaman hias dan ikan hias, Anda dapat memeliharanya dalam satu tempat sekaligus dengan aquascape. Selain aquascape, ada juga paludarium. Meski memiliki kesamaan dalam hal konsep dan pemeliharaan, tetapi keduanya adalah hal yang berbeda, loh.

Sebelum ada aquascape dan paludarium, semua ikan yang dipelihara di dalam wadah kaca yang disebut akuarium.

Akuarium ini mengalami perkembangan yang awalnya untuk kepentingan dekorasi menjadi lebih penting lagi, yakni menciptakan habitat baru dalam kondisi terkontrol yang sesuai dengan habitat aslinya. Antara aquascape dan paludarium memiliki tujuan yang sama.

Baca Juga: Ingin Ikan Cupang Anda Berumur Panjang? Begini Caranya

Dilansir dari fpk.unair.ac.i, selain sebagai media bagi ikan hias, di dalam aquascape dan paludarium juga terdapat beberapa jenis tanaman air yang berperan sebagai pendukung ekosistem dan menambah estetika.

Aquascape merupakan seni dalam menata komponen batu, karang, pasir, kayu, dan tanaman air dalam akuarium. Ini hampir sama dengan paludarium, tetapi perbedaannya terletak pada habitatnya.

Aquascape berfokus pada habitat air, sedangkah paludarium merupakan gabungan habitat air, darat, dan udara. Perbedaan ini terlihat pada paludarium yang hanya mengisi air setengah atau sebagai dari media kacanya saja. Seperti dari arti namanya ‘Palus’ dari bahasa Latin yang artinya rawa-rawa, paludarium juga ditata seperti habitat di rawa pada umumnya.

Baca Juga: Ikan Hias Peliharaan Anda Tidak Mau Makan? Begini Caranya Mengatasinya

Aquascape biasanya akan ditinggali dengan hewan-hewan air seperti ikan, udang, siput air, dan lain-lain. Sementara paludarium dapat ditinggali oleh hewan-hewan yang hidup di air, darat, dan udara, seperti ikan, hewan amfibi, penyu, serangga, bahkan burung bisa tinggal dalam paludarium.

Tanaman yang digunakan aquascape hanyalah tanaman air seperti hygrophila difformis, eleocharis parvula, hemianthus callitrichoides, dan sebagainya. Sementara tanaman yang digunakan dalam paludarium dapat menggunakan tumbuhan apa saja, baik tanaman darat maupun tanaman air, seperti teratai, varen, hyfrocleys nymphoides, eceng gondok, dan sebagainya.

Paludarium didominasi oleh flora dengan bagian vegetatif permukaan, maka tidak ada kebutuhan khusus untuk pasokan tambahan CO2. Tanaman yang ditanam emersed akan memiliki banyak CO2 dari udara ruangan.

Selanjutnya: 4 Tips Menata Rumah Kecil Supaya Tetap Rapi dan Nyaman Ditempati

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru