Ikan Hias Peliharaan Anda Tidak Mau Makan? Begini Caranya Mengatasinya

Sumber: Fish Care Guide
Selasa, 23 November 2021 | 09:43 WIB
Ikan Hias Peliharaan Anda Tidak Mau Makan? Begini Caranya Mengatasinya

ILUSTRASI. Ikan Hias Peliharaan Anda Tidak Mau Makan? Begini Caranya Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Memelihara ikan hias sebenarnya tidak begitu sulit. Namun, akan tetap menjadi masalah bila ikan hias Anda tidak mau makan. Ini bukan hal yang bisa diremehkan.

Sebab, bisa jadi, ikan Anda mengalami stres atau mengidap suatu penyakit. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya.

Sebelum mengatasinya, Anda mula-mula perlu mengetahui penyebab ikan tidak nafsu makan. Di antaranya bisa jadi karena kualitas air akuarium yang tidak baik atau ikan bosan dengan makanannya. Jika Anda sudah menemukan apa penyebabnya, Anda bisa mulai mengatasinya. Nah, berikut ini cara-cara mengatasinya.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Ikan Hias Peliharaan Tidak Mau Makan

Memastikan Ikan Sehat dan Nyaman

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi ikan yang tidak mau makan adalah memastikan semua ikan di akuarium sehat dan nyaman.

Dilansir dari Fishcareguide.com, Anda mungkin harus menyiapkan akuarium karantina terpisah untuk ikan yang sakit, terluka, hamil, atau sangat agresif untuk melindungi ikan yang lain. Sebab, saat ada masalah terjadi, ikan harus dipisahkan agar tidak memengaruhi ikan lainnya.

Anda juga harus mengeluarkan ikan dari akuarium saat Anda menemukan masalah lain yang disebabkan oleh parameter airnya. Misalnya, air mengandung bahan kimia tertentu, air terlalu dingin atau panas, dan sebagainya.

Jaga Kondisi Air di Dalam Akuarium Tetap Baik

Air akuarium yang kotor dapat disebabkan oleh kotoran ikan itu sendiri atau sisa-sisa makanan yang tidak termakan. Ini menyebabkan kadar amoniak menjadi nak dan menyebabkan masalah pada ikan, salah satunya tidak mau makan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga selalu kondisi air di akuarium, membersihkan akuarium secara berkala, dan menyediakan filterasi untuk menjaga kebersihan air. Kondisi dan kualitas air yang baik akan membuat ikan nyaman dan sehat, sehingga mereka makan dengan lahap.

Gunakan Heater untuk Akuarium

Salah satu penyebab ikan tidak mau makan bisa jadi karena airnya terlalu dingin atau terlalu panas. Gunakan heater untuk menjaga suhu air tetap stabil. Biasanya, ikan hias akuarium menyukai suhu air 28-29 derajat Celcius. Heater juga dapat mencegah stres pada ikan.

Baca Juga: Akuarium Anda Cepat Keruh? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

Gunakan Aerator untuk Akuarium

Ikan yang kehilangan nafsu makan bisa jadi karena kekurangan kadar oksigen dalam air. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan oksigen tambahan dengan alat aerator. Atur aerator di tempat yang minim oksigen, misalnya di dasar akuarium. Semakin kecil gelembung oksigen yang dihasilkan, maka akan semakin bagus.

Ganti Menu Makanan

Sama seperti hewan lainnya, ikan pun bisa merasa bosan makan makanan yang sama berulang-ulang. Cobalah untuk mencampur makanan mereka dengan makanan hidup daripada hanya menggunakan pelet. Sesuatu yang bergerak akan membuat mereka lebih tertarik untuk melahapnya.

Batasan dalam Memberi Makan Ikan

Ikan di alam liar akan sering makan kapan pun mereka merasa lapas, ikan di akuarium pun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, memberi makan secara berlebihan sebenarnya tidak masalah. Sebab, ikan akan berhenti makan saat mereka kenyang. Namun, hati-hati untuk setiap sisa makanannya yang mengapung atau tenggelam karena dapat menyebabkan kadar amoniak naik!

Perhatikan seberapa sering Anda perlu memberi makan ikan. Ini bergantung dengan spesies ikan yang Anda pelihara. Umumnya, Anda dapat memberi makan ikan sehari dua kali, yakni pagi dan sore.

Usahakan jumlah makanan yang diberikan sangat kecil, sehingga tidak terbuang sia-sia. Jika ikan masih berada di permukaan, berilah lagi sedikit demi sedikit, karena mungkin mereka masih ingin makan. 

 

Selanjutnya: Fitch Ratings pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021 jadi 3,2%

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru