HOME, Keluarga

Memasak Kurang Efisien, Ini Kesalahan Desain Dapur yang Harus Dihindari

Memasak Kurang Efisien, Ini Kesalahan Desain Dapur yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Dapur adalah salah satu area yang cukup penting di rumah, terutama bagi Anda yang hobi memasak.

Oleh karena itu, dapur perlu didesain dan ditata dengan baik supaya kegiatan memasak makin asyik dan nyaman.

Walaupun terdengar mudah, pada kenyataannya masih ada banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan tertentu saat mendesain atau menata dapur di rumah.

Hasilnya, dapur menjadi kurang enak dipandang dan membuat kegiatan di dalamnya kurang efisien.

Supaya Anda memiliki dapur yang cantik sekaligus fungsional, tentu kesalahan-kesalahan tersebut harus dihindari. Yuk, simak penjelasan berikut untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dimaksud!

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Ruang di Dapur Kecil, Tak Terasa Sempit!

Tidak merencanakan tatanan dapur

Perencanaan merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum Anda mulai menata dapur. Sayangnya, tidak semua orang sempat merencanakan tampilan dapur yang tepat sehingga dapur kurang bisa digunakan secara optimal.

Mengutip Insider, perencanaan ini bisa menyangkut desain layout atau denah dapur, penempatan alat-alat dapur, hingga penempatan stopkontak untuk mencolokkan alat-alat elektronik dapur.

Jadi, saat Anda akan mendesain atau menata dapur, buatlah perencanaan secara kasar supaya Anda tahu di mana harus menempatkan alat atau benda tertentu. Hal ini akan membuat kegiatan di dapur menjadi lebih efisien.

Tidak memikirkan penyimpanan barang

Selain tidak merencanakan tatanan dapur, orang-orang terkadang lupa memikirkan masalah penyimpanan atau storage di dapur.

Alhasil, banyak alat atau benda yang berserakan di dapur sehingga terlihat berantakan.

Solusinya, pikirkan penyimpanan untuk setiap barang di dapur Anda, mulai dari panci berukuran besar hingga alat masak berukuran kecil.

Anda bisa menggunakan kabinet, lemari, kontainer, hingga rak gantung untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Baca Juga: Mudah Kotor, Ini Area di Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan!

Terlalu banyak rak terbuka

Memliki rak terbuka di dapur mungkin memang terdengar menyenangkan. Dengan rak terbuka, Anda dapat memajang berbagai alat masak yang cantik sehingga dapur akan terlihat keren.

Namun, rak terbuka atau open cabinet memiliki kekurangannya tersendiri. Melansir Homify, rak terbuka rawan membuat dapur terlihat berantakan dan kurang enak dipandang, apalagi jika barang-barang di rak tersebut ditata sembarangan.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Tidak mengoptimalkan ventilasi udara

Ketika mendesain dapur, Anda perlu mempertimbangkan faktor ventilasi untuk melancarkan sirkulasi udara dari dalam dan luar dapur.

Mengapa? Sebab, dapur merupakan area di rumah yang sering menghasilkan asap dan berbagai bau.

Dengan perencanaan ventilasi udara yang optimal, asap dan bau makanan tidak akan mudah tertinggal di dalam dapur, sehingga menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Tidak mengoptimalkan pencahayaan

Selain ventilasi, pencahayaan di dalam dapur juga perlu diperhatikan karena mempengaruhi kinerja Anda saat memasak di dapur.

Dilansir dari Kutchina, pencahayaan yang kurang optimal bisa membuat dapur terasa suram dan menyebabkan kinerja di dapur menjadi kurang efisien.

Solusinya, pastikan ada berbagai sumber pencahayaan di dapur, baik dari cahaya matahari maupun lampu.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mendesain dan menata dapur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News