HOME, Keluarga

Memanjangkan Rambut dengan Kopi, Apa Bisa?

Memanjangkan Rambut dengan Kopi, Apa Bisa?

MOMSMONEY.ID - Kopi dan segudang manfaatnya kembali menjadi perbincangan di sosial media. Berbagai tips kecantikan dengan menggunakan bahan kopi mulai menarik perhatian muda mudi yang sedang rajin-rajinnya merawat kulit. 

Kali ini kopi yang digunakan untuk membantu memanjangkan rambut menjadi viral di sosial media baru-baru ini. Menggunakan bubuk kopi sebagai masker diklaim dapat membantu memanjangkan rambut dengan cepat. 

Namun, apakah benar kopi dapat membantu pertumbuhan rambut? Yap, benar. Ternyata kopi memang memiliki khasiat untuk membantu pertumbuhan rambut. 

Pada halamannya, Healthshots menjelaskan bahwa kopi dapat membantu mengaktifkan secara langsung sel pada folikel rambut yang menghasilkan ATP. ATP adalah molekul sel rambut yang nantinya berguna untuk menekan DHT atau dihydrotestosterone pada rambut yang menyebabkan rambut mudah patah menjadi lebih kuat. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Eco Enzyme, Pembersih Serbaguna dari Sampah Organik

Dengan keunggulan itu lah, masker kopi dapat digunakan untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Serta dapat meningkatkan kualitas rambut dan membantu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Selain manfaatnya untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut, ternyata kopi juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dapat melembutkan rambut kusut. 

Ada beberapa cara menurut Wikihow yang dapat digunakan untuk menggunakan kopi sebagai masker untuk menumbuhkan rambut. Jika Anda memiliki kopi bubuk, Anda dapat langsung mencampurkan kopi bubuk tersebut dengan shampoo Anda.

Lalu keramaslah seperti biasanya Anda keramas. Anda juga dapat menambahkan kopi bubuk pada kondisioner kemudian jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih. 

Jika Anda menggunakan kopi seduhan, pastikan kopi tidak dicampur dengan gula, ya. Air kopi dapat langsung Anda gunakan tepat setelah Anda berkeramas. Setelah membilas bersih rambut Anda, air seduhan kopi dingin dapat langsung Anda gunakan pada bagian kulit kepala hingga ujung rambut secara merata.

Setelah itu Anda dapat membungkus rambut dengan handuk atau shower cap selama 20-60 menit. Jika sudah Anda dapat membilas rambut dengan air hangat hingga bersih.

Itu tadi adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan rambut. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Eye Cream Berbahan Retinol untuk Wajah Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News