HOME, Bugar

Melindungi Kulit dari Sinar UV, Ketahui 4 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

Melindungi Kulit dari Sinar UV, Ketahui 4 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Lemon mengadung vitamin C yang tinggi, Asam Sitrat (Citric Acid), magnesium dan lain-lain yang baik untuk perawatan kulit. Wajah saja jika lemon bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV akibat kandungan yang dimilikinya.

Lemon sering menjadi bahan dalam produk-produk skincare seperti sabun muka, serum, pelembab dan masker. Anda bisa membuat masker lemon dan bahan alami lainnya di rumah. Untuk lebih jelasnya, cari tahu manfaat masker lemon untuk wajah di bawah ini dilansir dari halaman website herworld.co.id, yaitu: 

1.  Memperbaiki Kulit yang Terpapar Sinar UV

Manfaat masker lemon untuk wajah pertama yaitu memperbaiki kulit yang sering terpapar sinar UV. Lamanya terpapar sinar matahari dapat menurunkan kadar vitamin C dalam kulit dan membuat wajah terlihat kusam serta dapat menimbulkan bintik-bintik hitam.

Kurangnya vitamin C ini bisa diperbaiki dengan mengonsumsi suplemen dan menggunakan skincare khususnya masker wajah. Oleh karena itu, cara merawat kulit yang sering terpapar sinar matahari yakni dengan mencampurkan perasan sari buah lemon dan gel lidah buaya jadi satu. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air dingin untuk menetralkan kemerahan akibat sunburn.

2. Mengurangi Flek Hitam

Manfaat masker lemon selanjutnya adalah mengurangi flek hitam di wajah. Lemon mengandung vitamin C, dimana antioksidan yang bersifat anti inflamasi dan penuaan yang sangat baik untuk memudarkan bintik hitam. Rutin menggunakan masker lemon pun akan berdampak pada kesehatan kulit wajah yang terasa lebih lembap dari sebelumnya karena kandungan zat dari campuran bahan alami lainnya.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah 5 Kebiasan yang Menyebabkan Rambut Kering

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Masker lemon juga bisa meningkatkan produksi kolagen, karena vitamin C yang tinggi dapat merangsang peningkatan produksi kolagen pada kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C yang langsung menyentuh dan diserap kulit wajah hingga lapisan terdalam.

Jika perawatan dari luar memakai masker lemon, maka untuk perawatan dari dalam Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Rutinlah untuk mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, paprika merah, kangkung, brokoli, dan stroberi, serta meminum perasan sari lemon hangat di pagi hari.

4. Mengurangi Produksi Minyak 

Manfaat masker lemon untuk wajah lainnya adalah mengurangi produksi minyak. Anda pasti sudah tahu bahwa meningkatnya produksi minyak di wajah dapat menimbulkan jerawat. Genetika, perubahan hormon, atau bahkan stres terkadang menjadi pemicu meningkatkannya produksi sebum.

Namun, masker lemon dapat menurunkan kadar minyak berlebihan di wajah. Anda bisa membuat masker lemon yang dicampurkan dengan putih telur. Cara membuatnya yaitu campurkan satu sendok perasaan air lemon dan putih telur. Kemudian, aduk hingga merata dan oleskan masker tersebut di wajah Anda.

Diamkan selama 10 menit lalu bilas perlahan menggunakan air hangat. Disarankan sesudah Anda membilas dengan air hangat, tutup kembali pori-pori menggunakan es batu yang ditutup dengan kain secara langsung di atas kulit wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News