HOME, Bugar

Perhatikan! Inilah 5 Kebiasan yang Menyebabkan Rambut Kering

Perhatikan! Inilah 5 Kebiasan yang Menyebabkan Rambut Kering

MOMSMONEY.ID - Tanpa disadari Anda melakukan kebiasan yang bisa merusak kesehatan rambut, seperti rambut menjadi kering. Memiliki rambut kering cukup menggangu penampilan Anda sehari-hari karena sulit untuk diatur dan terlihat tidak berkilau.

Sebelum terlambat, pahami kebiasaan yang bisa menyebabkan rambut kering. Melansir dari loreal-paris.co.id, inilah kebiasan-kebiasan yang menyebabkan rambut kering, yaitu: 

1. Keramas Setiap Hari

Kebiasaan yang menyebabkan rambut kering pertama adalah keramas setiap hari. Saat Anda melakukan keramas setiap hari, rambut akan mudah kehilangan kelembapan karena luruhnya minyak alami rambut akibat dicuci terus-menerus.

Pastikan untuk membatasi jumlah keramas hanya tiga kali seminggu. Jika Anda mudah berkeringat atau menggunakan banyak produk penata rambut, cuci rambut setiap dua hari sekali.

2. Keramas dengan Air Panas

Selain keramas setiap hari, keramas dengan air panas juga bisa menyebabkan rambut kering. Suhu air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami yang melapisi helaian rambut, menjadikannya kering dan rentan patah.

Disarankan Anda keramas dengan air bersuhu hangat. Kemudian saat bilasan terakhir, gunakan air dingin untuk membantu mengunci kelembapan rambut.

Baca Juga: Sumber Antioksidan, Ketahui 4 Manfaat Minyak Biji Gandum untuk Perawatan Wajah

3. Menyisir Rambut Saat Basah

Kebiasaan yang menyebabkan rambut kering selanjutnya yaitu menyisir rambut saat basah. Sebaiknya Anda perlu menghindari kebiasaan ini karena kondisi rambut saat basah lebih rapuh dari biasanya. 

Selain itu, menyisir rambut yang basah juga dapat meluruhkan kelembapan alami rambut. Anda dapat menunggu rambut hingga setengah kering, lalu gunakan vitamin untuk rambut kering untuk menutrisi rambut Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakan jari atau sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut.

4. Sering Menggunakan Alat Styling Rambut

Sering menggunakan alat styling rambut? Alat styling panas seperti hairdryer, catokan, dan curling iron, yang terlalu sering juga bisa menjadi penyebab rambut kering dan pecah-pecah karena kelembapan rambut terkikis. Oleh karena itu, Anda dapat mengurangi frekuensi pemakaian alat-alat styling ini dan gunakan vitamin rambut sebelum menata rambut dengan alat-alat styling.

5. Kurang Menutrisi Rambut

Kebiasaan yang menyebabkan rambut kering terakhir adalah kurang menutrisi rambut. Anda harus menggunakan serum yang diformulasikan khusus untuk menutrisi dan mengatasi kondisi rambut kering. Pilihlah serum yang mengandung bahan alami, membantu menutrisi dan melembapkan rambut hingga ke dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News