HOME, Santai

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, Ini Keunggulan Metode Persalinan ERACS

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, Ini Keunggulan Metode Persalinan ERACS

MOMSMONEY.ID - Proses persalinan merupakan salah satu proses menyakitkan dan penuh perjuangan yang harus dilalui ibu hamil untuk melahirkan anaknya.

Dengan berkembangnya teknologi dalam dunia medis, tentunya ada beberapa metode persalinan yang rendah rasa sakit dan dapat dijadikan alternative pilihan.

ERACS atau Enhanced Recovery After Cesarean Surgery ini adalah metode persalinan yang mengembangkan metode persalinan cesar dengan pemulihan yang lebih cepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga Setelah Melahirkan, Yuk Simak!

Berikut ini adalah beberapa keunggulan darimetode persalinan ERACS yang wajib diketahui para ibu hamil.

Pemulihan cepat

Melansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Pubmed, fokus yang dilakukan dari metode ini adalah untuk mengurangi respon stress pasca operasi, menurunkan kadar insulin, dan menjaga kondisi anabolic tubuh untuk membantu pasien mengembalikan fungsi tubuh.

Minim rasa sakit

Proses persalinan dengan menggunakan metode ERACS ini telah dikembangkan agar ibu merasa nyaman dan tidak merasakan sakit selama proses operasi berlangsung. Selain rasa sakit, metode ini juga memiliki keuntungan yaitu minimnya rasa mual yang dirasakan selama proses persalinan.

Baca Juga: Kenali Tanda Bayi Mengalami Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Jangka waktu puasa yang singkat

Sebelum melakukan proses persalinan dan operasi, persayaratan untuk puasa tentunya juga harus dilakukan. Biasanya pasien yang akan menjalani proses operasi akan menjalani puasa dalam jangka waktu lebih dari 8 jam. Namun seperti yang dilansir dari laman 1 News, bagi ibu hamil yang memiliki metode ERACS hanya memerlukan waktu singkat kurang dari 8 jam untuk berpuasa sebelum dilakukannya proses operasi persalinan.

Aktivitas normal setelah 24 jam

Yang membuat metode persalinan ini dipilih adalah karena metode dapat membuat ibu hamil dapat kembali dengan segera beraktivitas setelah 24 jam pasca persalinan. Jadi tidak memerlukan waktu berhari-hari untuk pemulihan dan tinggal di rumah sakit.

Mobilitas yang mudah

Metode persalinan ERACS ini menjanjikan proses pemulihan yang cepat setelah proses persalinan. Jadi dalam kurun waktu 2-3 jam setelah operasi berlangsung, ibu hamil yang telah melakukan meto ERACS dapat melakukan aktivitasnya kembali seperti bergerak dan berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News