Santai

Mbappe Bukan Keturunan Indonesia, Ini Pemain Keturunan Indonesia di Piala Dunia

Mbappe Bukan Keturunan Indonesia, Ini Pemain Keturunan Indonesia di Piala Dunia

MOMSMONEY.ID - Kylian Mbappe tampil bersinar di Piala Dunia 2022 dengan mencetak 8 gol. Bahkan, di final Piala Dunia 2022, dia berhasil mencetak hattrick. Lalu, apakah Kylian Mbappe merupakan keturunan Indonesia? 

Berkat bakat sepak bolanya yang luar biasa, siapa yang tak bangga memiliki Kylian Mbappe jadi pemain di tim nasional? Apalagi, jika pemain berbakat seperti Kylian Mbappe memiliki darah keturunan Indonesia.

Melansir National Today, Kylian Mbappe Lottin merupakan pemain keturunan Kamerun dan Algeria. Kylian Mbappe lahir di Bondy, Paris, 20 Desember 1998. 

Ayahnya memiliki darah Kamerun bernama Wilfried Mbappe. Sedangkan ibunya, Fayza Lamari, mantan atlet bola tangan, merupakan keturunan Algeria. Sehingga, Kylian Mbappe bukan pemain keturunan Indonesia. 

Baca Juga: Mbappe & Messi Masuk Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia Sepanjang Masa

Meski bukan keturunan Indonesia, Kylian Mbappe lahir dari keluarga yang mencintai olahraga. Mbappe memiliki kakak angkat bernama Jires Kembo Ekoko yang merupakan atlet sepak bola. Adiknya, Ethan juga seorang pemain sepak bola. 

Ayah Kylian Mbappe, Wilfried Mbappe juga memiliki darah Nigeria. Dia dikenal sebagai pemain sepak bola. Ia juga menjadi pelatih komunitas sepak bola Bondy. Wilfried juga pernah melatih Fiorentina Jonathan dan William Saliba, pemain Arsenal. 

Kylian Mbappe telah bermain sepak bola sejak usia 6 tahun di klub A.S Bondy. Dia membuat debut pertamanya untuk Monaco di Ligue 1 melawan S.M Caen di 2 Desember 2015. Di usia 16 tahun, ia telah menjadi pemain first team Monaco termuda. 

Meski Kylian Mbappe bukan keturunan Indonesia, FIFA mencatat, ada 4 pemain lainnya keturunan Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia. 

Melansir laman FIFA, deretan pemain keturunan Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia membela Belanda dan Australia. Ini tentu tak jauh dengan ikatan sejarah Indonesia-Belanda dan lokasi geografis Indonesia-Australia. 

Baca Juga: Ini Rekor yang Dicatat Kylian Mbappe di Piala Dunia 2022, Pemain Muda Andalan Prancis

1. John Heitinga, pemain keturunan Indonesia dari sang ayah

Pemain Belanda yang pernah berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2010 ini merupakan keturunan Indonesia. Ayah dan kakeknya merupakan orang Indonesia.

Kakek John Heitinga bernama Gijsbert Johannes Heitinga berasal dari Pulau Belitung. Sementara ayahnya bernama Rob lahir di Jakarta. Keluarga John pindah ke Belanda di tahun 1959. 

John Heitinga merupakan pemain bertahan Belanda yang harus keluar lapangan di Piala Dunia 2010 karena mendapatkan kartu merah. Saat itu, Belanda tengah menghadapi Spanyol. 

John Heitinga merupakan bek tengah timnas Belanda sejak 2004 hingga 2013. Dia pernah bermain di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010. Ia juga pernah masuk di ttim Everton, Atletico Madrid, dan Herta Berlin. 

2. Giovanni Van Bronckhorst berdarah Indonesia dari ibunya

Pemain Belanda yang pernah menjadi kapten tim Belanda saat final Piala Dunia 2010 lalu memiliki ibu asal Maluku, Indonesia. Ibunya bernama Fransien Sapulette.

Giovanni Van Bronckhorst setelah memasuki masa pensiun sebagai pemain bola dan kini menjadi pelatih Feyernoord. Dia juga pernah menggantikan Steven Gerrard di Glasgow Rangers, yang pindah ke Aston Villa.

3. Nigel de Jong mendapat keturunan Indonesia dari ayah dan ibunya

Pemain ini cukup dikenal dengan tendangan kung fu saat melawan Spanyol. Tendangan kung fu Nigel de Jong diberikan kepada Xabi Alonso saat final Piala Dunia 2010. 

Ayah Nigel de Jong bernama Jerry de Jong, seorang mantan pesepak bola profesional asal Suriname. Sementara ibunya merupakan orang Maluku. 

Baca Juga: Mbappe Raih Sepatu Emas Piala Dunia 2022, Ini Daftar Penerima Golden Boot Lainnya

4. Massimo Luongo punya darah Indonesia dari ibunya

Massimo Luongo merupakan pemain nasional Australia yang membela timnya di Piala Dunia 2014. Namun, Massimo Luongo tidak pernah bermain di Piala Dunia 2014. Dia kemudian kembali berlaga di Piala Dunia 2018 membela Australia.

Massimo Luongo mendapatkan darah keturunan Indonesia dari sang ibu yang bernama Ira asal Bima. Masssimo Luongo masuk di tim utama Queens Park Rangers saat berusia 25 tahun dan membela Sheffield Wednesday dari 2019-2022, dan kini membela Middlesbrough. 

Demikian informasi deretan pemain keturunan Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News