Santai

Mau WhatsApp Tetap Aman dan Anti Bobol? Yuk Ikuti 8 Tips Meningkatkan Keamanan WA

Mau WhatsApp Tetap Aman dan Anti Bobol? Yuk Ikuti 8 Tips Meningkatkan Keamanan WA

MOMSMONEY.ID - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan yang banyak digunakan. Namun, beberapa pengguna ada yang mengalami penipuan hingga akun WhatsApp kena bobol. Ada 8 tips WhatsApp tetap aman dan anti bobol. 

Delapan tips berikut ini akan membantu WhatsApp tetap aman dan anti bobol. Salah satu cara agar WhatsApp tetap aman dan anti bobol adalah memperketat keamanan. 

Nah, berikut tips untuk membantu meningkatkan privasi dan keamanan WhatsApp:

Baca Juga: Muncul Notif Aksesori Ini Mungkin Tidak Didukung di iPhone, Begini Cara Memperbaiki

1. Aktifkan pesan menghilang untuk percakapan sensitif

Meskipun WhatsApp mengenkripsi semua obrolan secara default, terkadang Anda juga ingin memastikan bahwa tidak ada salinan percakapan Anda di masa mendatang. 

Ini membantu memastikan, meskipun perangkat Anda atau perangkat penerima jatuh ke tangan yang buruk, Anda dapat yakin tidak ada percakapan rahasia Anda yang dapat dilihat.

Fitur pesan menghilang WhatsApp memastikan pesan yang dipertukarkan dihapus secara otomatis untuk semua orang setelah periode tertentu.

Untuk mengaktifkan pesan menghilang di obrolan tertentu, ketuk nama kontak di bagian atas dan pilih pesan menghilang. Selanjutnya, pilih periode setelah pesan akan dihapus.

2. Nyalakan notifikasi perubahan kode keamanan 

logo whatsapp

Di WhatsApp, Anda dapat memverifikasi apakah obrolan Anda terenkripsi ujung ke ujung menggunakan kode keamanan. Di layar info kontak, Anda dapat melihat kode ini sebagai kode QR atau nomor 60 digit.

Saat ponsel atau laptop baru mengakses obrolan yang ada, kode keamanan baru dibuat untuk kedua ponsel. WhatsApp dapat mengirimkan notifikasi ketika kode keamanan berubah.

Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa enkripsi dengan teman Anda melalui messenger yang berbeda, memastikan keamanannya.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan perubahan kode keamanan, buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan alihkan tombol menjadi hijau.

Di Android, ketuk Pengaturan > Akun > Notifikasi Keamanan dan aktifkan Tampilkan Notifikasi Keamanan di Ponsel Ini. 

3. Aktifkan verifikasi dua langkah

Jika layanan mendukungnya, Anda harus menggunakan autentikasi dua faktor (2FA). Ini menambahkan kode sandi berkala ke WhatsApp, memperkuat keamanan dengan memastikan data Anda tidak diakses oleh orang lain. 

Anda dapat mengaktifkan 2FA di WhatsApp, di semua platform yang didukung. Dengan 2FA, WhatsApp memungkinkan Anda membuat kode PIN enam digit yang mudah Anda ingat.

Hal yang paling penting, tambahkan alamat e-mail Anda untuk mengambil kode itu jika Anda lupa.

Baca Juga: Simak Cara Membuat Undangan Bukber Online Gratis, Mudah dan Lebih Praktis

Untuk mengurangi kemungkinan lupa kode Anda, WhatsApp memiliki pemeriksaan acak dan berkala untuk kode sandi yang meminta Anda untuk memasukkannya saat membuka aplikasi. Tapi itu bukan tujuan 2FA.

Tujuannya adalah untuk menghentikan orang lain mengakses akun WhatsApp Anda tanpa persetujuan Anda, bahkan jika mereka memiliki akses ke nomor Anda, seperti penipuan pertukaran SIM.

4. Kunci WhatsApp dengan sidik jari atau verifikasi wajah

Fitur keren lainnya untuk meningkatkan privasi pesan WhatsApp Anda adalah mengunci aplikasi dengan sidik jari atau wajah Anda. Ini memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses WhatsApp bahkan jika Anda memberikan perangkat Anda kepada orang lain tanpa kunci layar.

Satu-satunya tangkapan adalah fitur ini hanya tersedia di ponsel dengan verifikasi wajah atau sidik jari.

Dengan demikian, tidak ada cara untuk mengunci aplikasi WhatsApp Anda dengan kata sandi. Anda harus menggunakan aplikasi penguncian pihak ketiga jika itu yang Anda inginkan.

Di Android, Anda dapat mengunci aplikasi WhatsApp dengan menekan menu tiga titik di kanan atas, pilih Pengaturan > Privasi > Kunci sidik jari, lalu aktifkan Buka kunci dengan sidik jari. 

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan di Telegram! Begini Cara Melaporkan dan Kenali Cirinya

Anda kemudian akan diminta untuk menambahkan sidik jari, dan kemudian Anda dapat memilih waktu siaga sebelum WhatsApp terkunci secara otomatis.

Di iOS, buka Pengaturan > Privasi > Kunci Layar dan aktifkan Memerlukan ID Sentuh atau Memerlukan ID Wajah. 

Terakhir, pilih waktu waktu standby sebelum WhatsApp otomatis terkunci.

5. Enkripsi cadangan cloud

Enkripsi end-to-end mengagumkan, tetapi ada satu celah: WhatsApp mencadangkan obrolan ke Google Drive atau iCloud. 

Dengan begitu, jika Anda menginstal ulang nanti, Anda dapat mengambil pesan lama Anda. Tetapi, cadangan ini tidak dienkripsi secara default.

Jadi jika Anda benar-benar peduli dengan privasi Anda, Anda harus mengaktifkan enkripsi end-to-end untuk cadangan WhatsApp Anda. Ingat, menyimpan data Anda dengan Apple dan Google mungkin tidak melindungi Anda dari penyadapan oleh pemerintah.

Di Android, ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan > Obrolan > Pencadangan obrolan > Pencadangan terenkripsi ujung ke ujung > Aktifkan. 

Anda dapat melakukan hal yang sama di iPhone dengan masuk ke Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan > Pencadangan terenkripsi ujung ke ujung > Nyalakan. 

Di halaman berikutnya, pilih salah satu dari dua metode (kata sandi atau kunci enkripsi) yang Anda sukai dan selesaikan penyiapan dengan mengikuti panduan.

Baca Juga: Ingin Ubah Nada Dering WhatsApp Jadi Antimainstream? Begini Cara Mudahnya

6. Waspadai penipuan

Karena ini adalah pengirim pesan instan, Anda mungkin mendapatkan beberapa penipuan di WhatsApp secara berkala. 

Biasanya penipuan di WhatsApp mengatasnamakan orang yang Anda kenal. Oleh karena itu, Anda jangan gampang percaya. 

Selain itu, jika ada nomor asing yang mengirimkan tautan kepada Anda, jangan langsung membukanya. 

7. Gunakan aplikasi resmi

Untuk menggunakan WhatsApp di komputer Anda, Anda perlu menautkan ponsel Anda dengan WhatsApp Web atau aplikasi desktop WhatsApp. Agar aman, dapatkan aplikasi desktop resmi. Tidak seperti Android dan iOS, di mana toko aplikasi diatur dengan ketat, internet yang lebih luas kurang diatur.

Oleh karena itu, Anda mungkin tertipu untuk mengakses situs web berbahaya yang menyamar sebagai WhatsApp Web. Ada juga beberapa contoh di masa lalu peretas yang membuat perangkat lunak berbahaya yang diiklankan sebagai aplikasi desktop WhatsApp.

Baca Juga: Telegram Tidak Bisa Di-Update? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk menghindari kasus seperti itu, gunakan klien desktop resmi WhatsApp. Tentu, mungkin ada opsi yang lebih baik daripada klien desktop WhatsApp resmi, tetapi jangan menukar keamanan dengan beberapa fitur tambahan.

8. Sesuaikan pengaturan privasi WhatsApp

WhatsApp bukan messenger paling pribadi di luar sana, tetapi setidaknya memberi pengguna beberapa kendali. Buka Pengaturan > Akun > Privasi untuk melihat semua yang Anda inginkan.

Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat WhatsApp Terakhir Dilihat dan status online, foto Profil, Tentang, Status, dan Lokasi langsung. 

Anda juga dapat mematikan baca tanda terima di sini, sehingga tanda centang biru dimatikan, dan bahkan menyesuaikan siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Selain itu, gunakan pengatur waktu pesan Menghilang untuk menyetel pengatur waktu default saat Anda mengaktifkan fitur dalam obrolan tertentu.

Itulah informasi dan tips meningkatkan privasi dan keamanan WhatsApp agar tetap aman sehingga anti bobol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News