HOME, Keluarga

Mau Menyewa Apartemen Studio? Pertimbangkan Dulu Plus dan Minusnya

Mau Menyewa Apartemen Studio? Pertimbangkan Dulu Plus dan Minusnya

MOMSMONEY.ID - Di antara sekian banyak jenis apartemen yang tersedia, apartemen tipe studio merupakan salah satu tipe apartemen yang cukup populer.

Dikutip dari Realtor, apartemen studio adalah tipe apartemen yang terdiri dari satu ruangan besar yang ditempati oleh area dapur, area santai, dan area tidur sekaligus. Jadi, tidak ada sekat yang memisahkan ketiga area ini.

Bagi sebagian orang, apartemen studio bisa menjadi pilihan tipe apartemen yang menarik, terutama bila calon penghuni tinggal sendirian dan menginginkan kenyamanan tinggal di apartemen.

Namun, sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen studio, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan supaya tidak menyesal nantinya. Dilansir dari Apartment ABC, berikut kelebihan dan kekurangan apartemen studio yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: 6 Tips Mendekorasi Apartemen Studio Supaya Nyaman dan Lega, Simak di Sini!

Kelebihan Apartemen Studio

Biaya sewa yang lebih murah

Karena ukurannya yang jauh lebih kecil dari apartemen dengan satu atau dua kamar, biaya sewa apartemen studio jelas lebih murah dan terjangkau. Jadi, Anda bisa mengalokasikan dana untuk hal-hal lainnya sesuai kebutuhan.

Biaya utilitas yang lebih rendah

Masih berhubungan dengan poin di atas, biaya utilitas seperti air dan listrik juga cenderung lebih rendah karena luas ruangan yang lebih kecil dan penghuni yang sedikit. Jadi, tinggal di apartemen studio juga dapat membantu Anda menghemat energi.

Lebih mudah dibersihkan

Luas ruangan yang lebih kecil berarti lebih sedikit area yang harus dibersihkan. Layout apartemen studio yang menggabungkan berbagai ruangan memungkinkan Anda untuk membersihkan apartemen dengan cepat tanpa harus membersihkan ruangan-ruangan terpisah.

Tidak membutuhkan banyak barang

Salah satu keuntungan apartemen studio adalah Anda tidak harus repot-repot mengisi ruangan dengan banyak barang seperti furnitur atau dekorasi tambahan. Apartemen studio juga bisa melatih Anda untuk menjalani gaya hidup minimalisme tanpa barang-barang yang tidak perlu.

Baca Juga: Tips Dekorasi Interior Rumah ala Korea yang Estetik dan Minimalis, Tertarik Mencoba?

Kekurangan Apartemen Studio

Luas area yang terbatas

Keterbatasan luas area jelas menjadi salah satu kekurangan utama dari apartemen tipe studio. Bagi Anda yang tidak menyukai ruangan sempit, layout apartemen studio dapat menimbulkan kesan klaustrofobik yang sesak dan tidak nyaman.

Tidak nyaman untuk banyak orang

Apartemen tipe studio memang dirancang untuk menampung satu atau dua orang. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengundang banyak orang sekaligus ke dalam apartemen karena dapat menimbulkan kesan sempit dan sesak.

Jumlah barang yang terbatas

Keterbatasan luas area di apartemen studio menuntut Anda untuk berpikir panjang sebelum membeli sesuatu, terutama bila barang tersebut akan memakan tempat yang cukup besar. Pasalnya, barang-barang yang terlalu banyak dan besar dapat membuat apartemen terlihat berantakan dan sempit.

Tidak mudah didekorasi

Mirip seperti poin di atas, keterbatasan luas area apartemen studio membuat Anda tidak bisa mendekorasi apartemen dengan leluasa.

Solusinya, Anda bisa memilih gaya interior minimalis yang mengedepankan kesederhanaan di dalam ruangan. Pilihlah dekorasi dengan desain yang simpel sehingga ruangan tidak terasa ramai.

Selanjutnya: Kombinasi Warna Kuning yang Bikin Interior Rumah Makin Ceria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News