Keluarga

Mau Healing Gratis? Coba 5 Ide Healing Gratis Ini Saja

Mau Healing Gratis? Coba 5 Ide Healing Gratis Ini Saja

MOMSMONEY.ID - Tak selalu merogoh kocek dan bikin boncos, ini cara untuk bisa nikmati healing gratis yang patut dicoba.

Self healing yang kini banyak disuarakan dan membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mengikuti aktivitas ini. 

Dari mulai staycation, jalan-jalan keluar kota, menonton bioskop, hingga menikmati liburan baik sendirian atau pun bersama keluarga.

Baca Juga: Butuh Tontonan Ringan Saat Healing? Tonton 6 Rekomendasinya Ini di Netflix

Tapi kenyataannya, hampir semua kegiatan yang dilakukan untuk healing harus menguras biaya di kantong dan tabungan.

Padahal, ada beberapa cara dan kegiatan healing yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan sepeser uang alias gratis. Ini dia caranya:

Olahraga

Olahraga rutin juga merupakan cara mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk healing dari kepenatan setelah bekerja. Olahraga memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati.

Sehingga dengan rutin melakukan olahraga, hormon stres bisa berkurang dan suasana hati pun menjadi lebih baik.

Meditasi

Kegiatan self healing yang satu ini merupakan salah satu kegiatan self healing yang murah dan bisa dilakukan dimana saja dengan gratis.

Mengutip dari laman Psychology Today, yang dibutuhkan untuk melakukan meditasi hanyalah duduk dalam situasi tenang di tanah sebuah taman atau lantai rumah. Meditasi pun juga bisa dilakukan di ruangan terbuka maupun tertutup ditambah dengan lagu menenangkan.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Hidden Gems di Bali, yuk Pelesiran ke Sana

Menulis jurnal

Ternyata, menulis merupakan sarana healing terbaik dan murah yang memiliki manfaat positif sebagai pelepas stres. Menulis jurnal juga bisa digunakan untuk berlatih self healing.

Dengan rutin membiasakan diri untuk menulis, bisa membantu meningkatkan kesadaran akan diri sendiri, mengenal diri sendiri, dan membuat diri makin memahami isi pikiran dan hati.

Melakukan hobi

Melakukan hobi yang disukai bisa membantu seseorang untuk merasa lebih tenang dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Beberapa hobi yang dianggap sebagai pelepas stres dan sarana healing adalah hobi seperti menyanyi, menari, menonton film, membaca, menata bunga, dan menulis bisa dilakukan sebagai cara untuk melakukan healing.

Tidur

Tentu, tidur menjadi aktivitas termurah dan gratis yang bisa dilakukan sebagai media healing. Tidur yang cukup di malam hari bisa dikategorikan dalam kegiatan healing.

Melansir dari laman Web MD, tidur memiliki banyak manfaat seperti membantu meningkatkan mood, meningkatkan kemampuan kerja otak, dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

Nah, sudah tahu kan sekarang kalau healing bisa dilakukan dengan gratis dan dengan cara yang mudah. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News