HOME, Keluarga

Mau Beli Kasur Tipe Spring Bed? Pahami Plus dan Minusnya

Mau Beli Kasur Tipe Spring Bed? Pahami Plus dan Minusnya

MOMSMONEY.ID - Ketika akan membeli kasur, Anda biasanya akan dihadapkan pada dua jenis kasur, yaitu kasur busa dan kasur spring bed alias kasur pegas. Walaupun keduanya sama-sama populer, kebanyakan orang cenderung memilih kasur spring bed karena terasa lebih nyaman digunakan.

Selain itu, spring bed juga menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki jenis kasur lainnya.

Di sisi lain, kasur spring bed memiliki kekurangan tersendiri yang tidak boleh luput diperhatikan. Jika Anda berencana untuk membeli kasur jenis ini, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan sisi plus dan minus dari kasur spring bed.

Baca Juga: Membandingkan Kasur Busa vs Kasur Spring Bed

Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan dari kasur spring bed? Dirangkum dari Healthline dan laman Sleep Foundation, berikut penjelasannya.

Kelebihan spring bed

Empuk dan bouncy

Kelebihan utama dari kasur spring bed yang membuatnya banyak difavoritkan adalah sensasi empuk dan bouncy yang ditawarkan. Biasanya, anak-anak akan cenderung suka kasur jenis ini karena lebih enak dipakai melompat-lompat.

Dapat menahan berat tubuh

Dibandingkan dengan kasur busa yang dapat membuat penggunanya merasa “tenggelam”, kasur spring bed tergolong lebih padat sehingga dapat menahan berat tubuh dengan lebih baik. Oleh karena itu, jenis kasur ini akan terasa lebih nyaman untuk mereka yang memiliki bobot tubuh berlebih.

Sejuk

Kasur spring bed terdiri dari susunan per atau pegas yang dilapisi dengan busa di permukaannya. Jadi, kasur spring bed memiliki banyak ruang kosong yang memudahkan sirkulasi udara di dalamnya. Alhasil, kasur ini akan terasa lebih nyaman dan sejuk saat ditiduri.

Tahan lama

Kasur spring bed umumnya memiliki konstruksi yang kokoh. Hal ini membuatnya cenderung tahan lama hingga bertahun-tahun, sehingga Anda tak perlu sering-sering mengganti kasur.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Tips Membuat Kamar Tidur yang Aman untuk Anak

Kekurangan spring bed

Harganya cenderung mahal

Sudah bukan rahasia lagi bila kasur spring bed memiliki harga pasaran yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kasur lainnya sehingga mungkin kurang terjangkau bagi sebagian kalangan. Namun, pada dasarnya, harga kasur ini sepadan dengan kualitas yang ditawarkan.

Berisik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kasur ini memiliki pegas-pegas di bagian dalamnya. Oleh karena itu, pegas tersebut bisa menimbulkan suara jika diduduki atau ditiduri, sehingga bisa terasa berisik dan mengurangi kenyamanan saat tidur.

Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Suasana ala Spa di Kamar Mandi Rumah

Tidak meredam gerakan

Kasur spring bed memang terasa empuk dan bouncy. Namun, sifatnya yang bouncy justru bisa menjadi masalah, karena kasur ini tidak bisa meredam gerakan dengan baik. Jika Anda tidur dengan orang lain yang sering bergerak saat tidur, gerakannya bisa membuat kasur bergoyang dan mengganggu kenyamanan Anda.

Bisa kempes

Walaupun tergolong tahan lama, kasur spring bed juga bisa kempes jika sering dipakai, terutama pada model-model tertentu yang murah. Saat sudah kempes, kasur ini tentu kurang nyaman dipakai dan dapat memberi sensasi seakan-akan Anda tenggelam ke dalam kasurnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kasur spring bed yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda semakin mantap memilih jenis kasur yang satu ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News