Santai

Masih Muda Udah Ubanan, Kok Bisa? Ini Dia 5 Penyebab Muncul Uban di Usia Muda

Masih Muda Udah Ubanan, Kok Bisa? Ini Dia 5 Penyebab Muncul Uban di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Bagi yang penasaran apa penyebab rambut putih atau uban tumbuh di usia muda, simak penjelasannya berikut ini.

Dengan semakin bertambahnya umur, rambut putih atau uban pun juga akan ikut muncul menggantikan rambut hitam.

Namun, tak jarang banyak ditemui anak-anak muda masa kini yang sudah memiliki uban. Lalu, apa penyebab munculnya uban di usia dini?

Simak jawabannya berikut, ya:

Baca Juga: Ingin Menumbuhkan Rambut Secara Alami? Mulai Konsumsi 5 Makanan Ini Saja

Genetik

Penyebab umum utama yang menyebabkan kemunculan uban di usia dini tentu saja adalah karena genetik.

Sebelum parno dan kebingungan sendiri mengapa muncul uban di usia dini, cobalah untuk menanyakan kepada orangtua, kapan mereka mendapatkan uban pertamanya.

Biasanya, orangtua yang sudah mendapatkan uban di usia muda akan menurunkan sifat genetik tersebut pada keturunannya. Jika merasa tidak nyaman, pilihan mewarnainya pun juga bisa dipilih, lo.

Stres

Selain gangguan tidur, kecemasan, masalah nafsu makan, dan tekanan darah tinggi, ternyata stres juga jadi penyebab munculnya uban.

Melansir dari sebuah studi tahun 2013 yang ada di laman Health Line, ada hubungan antara stres dan penipisan batang sel di folikel rambut pada tikus uji coba.

Ketika tubuh merespons stres, biasanya hal tersebut akan mengganggu sel-sel sehat lainnya. Tak ketinggalan, sel-sel rambut yang ikut terganggu dan akhirnya mengalami penipisan yang merubah folikelnya.

Baca Juga: Waspada buat Generasi Milenial! Ini 5 Jenis Penyakit yang Sering Dialami Anak Muda

Kurang vitamin B-12

Munculnya uban di usia dini juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B-12 pada tubuh. Vitamin B-12 memiliki peran penting untuk memberikan energi pada tubuh sekaligus membantu pertumbuhan kesehatan rambut dan juga warnanya.

Kekurangan vitamin ini bisa melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin karena kurangnya asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh termasuk pada area rambut.

Merokok

Gaya hidup seperti merokok menjadi salah satu penyebab munculnya uban di usia dini. Di masa kini, sudah banyak ditemui anak-anak muda yang merokok secara aktif.

Padahal, merokok bukanlah gaya hidup yang baik dan bisa memicu timbulnya uban secara dini.

Sebuah penelitian di tahun 2013 dan 2015, mengutip Medical News Today, menunjukkan, perokok memiliki peluang 2,5 kali lipat untuk memiliki uban lebih dini dibanding yang tidak merokok.

Serta, kebiasaan merokok juga terbukti memiliki hubungan dengan munculnya uban secara dini pada pria-pria dengan usia muda.

Baca Juga: 4 Fakta Unik MSG, Apakah Aman untuk Dikonsumsi? Cari Tahu di Sini

Terpapar zat kimia dari produk perawatan rambut

Faktor eksternal lain yang jadi penyebab munculnya uban adalah karena rambut terpapar banyak bahan atau zat kimia dari produk perawatan rambut dan pewarna.

Kebanyakan produk perawatan rambut bahkan sampo menjadi kontributor utama yang menyebabkan rambut beruban.

Kandungan zat-zat kimia yang berbahaya pada produk perawatan rambut dan pewarna rambut seperti bleaching, bisa mengurangi produksi melanin pada rambut penyebab munculnya uban.

Wah, ternyata tak hanya karena genetik, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab munculnya uban di usia dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News