HOME, Keluarga

Mari Memilih Mesin Cuci yang Cocok Buat Kantong dan Rumah

Mari Memilih Mesin Cuci yang Cocok Buat Kantong dan Rumah

MOMSMONEY.ID - Moms, mesin cuci sudah menjadi kebutuhan rumah jaman sekarang. Di pasar tersedia banyak sekali model dan varian mesin cuci. Nah, bagaimana memilih mesin cuci yang cocok untuk kita? Tentu saja, cocok untuk kebutuhan mencuci, kebutuhan listrik dan anggaran membeli sabun cuci.

Berikut, berbagai varian mesin cuci yang ada di pasar, dilansir dari berbagai sumber. 

1. Mesin Cuci 2 Tabung

Sesuai namanya, mesin cuci ini terdiri dari dua tabung, dengan fungsi berbeda. Tabung pertama yang lebih besar, fungsinya untuk mencuci dan menggilas pakaian, sedangkan tabung kedua untuk mengeringkan pakaian. Dengan dua tabung tersebut, Moms harus meluangkan waktu dan tenaga untuk memindahkan cucian, waktu akan dikeringkan. Pengeringan pakaian juga kurang maksimal, lantaran putaran tabung vertikal membuat air tak dapat terbuang dengan maksimal. 

Baca Juga: Bahaya, Ini Akibatnya Jika Sering Duduk Terlalu Lama

Kelebihannya, mesin cuci dua tabung hemat listrik, kebutuhannya sekitar 300 watt mencuci dan 150 watt mengeringkan. Bodi mesin cuci rapat, terbuat dari plastik. Alhasi, tahan karat dan aman dari tikus. Mesin cuci 2 tabung menggunakan sabun cuci biasa, yang harganya terjangkau. 

Harga mesin cuci 2 tabung, tergantung dari fitur dan kapasitas mesinnya. Di pasar, kapasitas mesin cuci 2 tabung tersedia mulai 6 - 14 kilogram. Harganya mulai dari Rp 1 juta per unit. 

2. Mesin Cuci 1 Tabung (Top Loading)

Mesin cuci top loading berfungsi sama dengan mesin cuci 2 tabung, hanya saja proses mencuci, membilas, dan mengeringkan dilakukan dalam satu tabung. Putarannya sama dengan mesin 2 tabung, yakni putaran vertikal. Karena hanya terdiri dari satu tabung, Moms tidak perlu memindah-mindahkan pakaian saat proses mencuci. Makanya, mesin cuci ini dikatakan sebagai mesin cuci otomatis. 

Karena fiturnya otomatis, mesin cuci top loading dilengkapi dengan water inlet. Fitur ini secara otomatis mematikan dan menyalakan pasokan air dari keran. Jadi, Moms tidak perlu bolak balik melihat apakah tabung sudah cukup air untuk mencuci. Bodi mesin cuci rata-rata dari plastik dan rapat, sehingga aman dari genangan air dan tikus. 

Konsumsi listrik mesin cuci top loading relatif sama dengan mesin cuci 2 tabung, sekitar 250 watt sampai 350 watt. Hanya saja, ada beberapa jenis mesin cuci top loading yang punya fitur air panas, Moms. Nah, penggunaan air panas memang akan membuat pakaian jadi lebih bersih, tapi konsumsi listriknya pun besar. 

Baca Juga: Tip Mencegah Kerusakan Ban Mobil di Kondisi Cuaca Ekstrem

Harga mesin cuci top loading di pasar, tergantung dari fitur dan kapasitas mesin. Harganya mulai sekitar Rp 1,9 jutaan.

3. Mesin Cuci Front Loading

Memiliki satu tabung horizontal, mesin cuci front loading bekerja secara otomatis. Proses pencucian, pembilasan, dan pengeringan dilakukan dalam satu proses. Putarannya vertikal sehingga kain dan baju lebih awet. Pengeringannya juga paling maksimal, hingga setelah dicuci, pakaian cukup diangin-anginkan saja.

Mesin cuci front loading punya fitur air panas. Jika Moms mencuci pakai air dingin, kebutuhan listriknya rata-rata hanya 300 watt. Tapi, saat mengaplikasikan air panas, mesin cuci ini memerlukan listrik sampai 2250 watt. Selain itu, mesin cuci front loading membutuhkan deterjen khusus untuk mesin cuci otomatis. Harganya lebih mahal ketimbang sabun cuci yang biasa. 

Harga mesin cuci front loading mulai Rp 3,3 juta per unit dan tersedia dari kapasitas 6 kilogram pencucian.

Nah, selamat berburu mesin cuci, Moms!

Selanjutnya: Camping Ceria Keluarga, Pengisi Liburan Sekolah Saat Pandemi Corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News