HOME, Bugar

Manfaat Rutin Konsumsi Blueberry untuk Kesehatan

Manfaat Rutin Konsumsi Blueberry untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Blueberry adalah buah mungil berwarna biru keunguan yang mungkin kurang populer di masyarakat Indonesia. Hal ini tentu tak mengherankan, karena blueberry memang tidak tumbuh di Indonesia.

Buah ini pun tergolong mahal dari sisi harga, karenanya jarang dipilih untuk dikonsumsi sehari-hari. Di balik itu, buah yang rasanya lezat dan menyegarkan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Inilah beberapa manfaat blueberry untuk kesehatan yang perlu Anda rasakan manfaatnya. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Kesemek yang Ternyata Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

1. Manfaat blueberry untuk kesehatan jantung

Blueberry yaitu menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena blueberry mengandung antioksidan polifenol yang disebut juga antosianin.

Melalui studi yang diungkap dalam jurnal Advances in Nutrition, terjadi 5-6 persen peningkatan kesehatan pada wanita pengidap hipertensi setelah mengonsumsi blueberry selama 8 minggu berturut-turut.

2. Menjaga daya tahan tubuh 

Blueberry kaya akan vitamin C. Dalam satu porsi blueberry, terkandung vitamin C yang kadarnya mencukupi 24 persen dari total kebutuhan harian. Hal tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak mudah menjangkit.

3. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Dikutip dari jurnal Antioxidants pada tahun 2016 lalu, terdapat kesimpulan yang menyatakan bahwa manfaat blueberry mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit diabetes.

Baca Juga: Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga

4. Kaya antioksidan 

Kandungan flavonoid dalam blueberry terbilang cukup tinggi, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai sumber antioksidan.

Mendapatkan asupan antioksidan dalam jumlah cukup setiap hari adalah kunci untuk menangkal dampak buruk radikal bebas penyebab penyakit. 

5. Menurunkan kolesterol

Senyawa pterostilbene pada blueberry mampu merangsang protein reseptor yang terdapat dalam sel, protein ini berperan penting untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu blueberry juga mengandung pektin yang tinggi. Serat larut air mampu mengikat kolesterol, nantinya kolesterol jahat akan berkurang dan digantikan dengan kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL). 

Berbagai manfaat blueberry untuk kesehatan dapat diperoleh jika Anda mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

Untuk hasil yang optimal, jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi rutin blueberry dengan pola makan dan gaya hidup sehat, serta olahraga teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News