HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Kesemek yang Ternyata Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Inilah 5 Manfaat Kesemek yang Ternyata Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

MOMSMONEY.ID - Buah kesemek mungkin pernah Anda dengar sesekali, tetapi pernahkah kamu benar-benar mengonsumsi buah satu ini.  

Buah kesemek adalah buah dengan cita rasa segar, manis, dan cukup berair. Buah ini memang kurang populer, tetapi manfaatnya buat kesehatan cukup banyak.

Tidak hanya untuk orang dewasa, buah kesemek juga sangat bermanfaat untuk kesehatan anak.

Pasalnya, buah kesemek mengandung beberapa nutrisi yang diyakini mampu menjaga kesehatan anak, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan anak.  

Dilansir dari Medical News Today, berikut manfaat buah kesemek bagi kesehatan anak yang perlu Anda tahu. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Inilah Tanda-Tanda Gejala Depresi

1. Menjaga kesehatan mata

Dilihat dari kandungan gizinya, buah kesemek cukup kaya akan kandungan vitamin A dan antioksidan. Buah ini mengandung sekitar 55 persen asupan vitamin A dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Vitamin A ini adalah salah satu komponen penting untuk pembentukan rhodopsin, yakni sejenis protein yang dibutuhkan tubuh supaya mata bisa berfungsi dan melihat secara normal. 

Dengan kualitas penglihatan yang baik, maka ini akan mendukung tumbuh kembang anak.  

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang kamu ketahui, sistem kekebalan tubuh anak nyatanya lebih lemah daripada orang dewasa. Ini karena sistem kekebalan tubuh mereka masih terus berkembang, sehingga wajar jika anak-anak lebih mudah terserang penyakit daripada anak-anak.  

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Manfaat Buah Cermai Juga Bisa Menurunkan Kolesterol

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Anak-anak kerap konsumsi makanan yang kurang sehat jika mereka berada di luar pengawasan orangtua. Namun untungnya, beberapa masalah kesehatan pada pencernaan anak bisa terhindari berkat kandungan serat di dalam buah kesemek.  

Anda bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi serat. Serat juga melindungi Anda dari berbagai risiko gangguan pencernaan, termasuk kanker kolorektal alias kanker usus besar  

Nah, itulah beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan anak yang perlu orang tua tahu. Agar tubuh  tetap bugar, imbangi juga dengan olahraga teratur. 

Jika Anak merasakan efek alergi setelah makan buah kesemek, seperti ruam merah, gatal, bengkak, hingga kesulitan bernapas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News