Manfaat Pakan Cacing untuk Ikan Hias Peliharaan

Sumber: Global Sea Food
Minggu, 14 November 2021 | 17:10 WIB
Manfaat Pakan Cacing untuk Ikan Hias Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Cacing merupakan salah satu pakan yang paling umum diberikan kepada ikan hias peliharaan. Khususnya untuk ikan hias seperti cupang, channa, louhan, dan sebagainya. Namun, apakah Anda tahu manfaat cacing ini untuk ikan?

Jika Anda masih pemula, Anda perlu mengetahui manfaat memberikan makanan cacing kepada ikan. Ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan jenis makanan yang tepat untuk ikan-ikan hias Anda. Nah, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Ikan Hias Peliharaan Tidak Mau Makan

Ikan secara alami akan memakan hewan yang lebih kecil darinya, salah satunya adalah cacing. Cacing kaya akan nutrisi dan merupakan sumber kalori yang baik untuk ikan. Dilansir dari Globalseafood.org, penelitian telah menunjukkan bahwa cacung tanah merah memiliki kadar protein, asam amino esensial, dan lipid yang cukup mirip dengan yang ditemukan dalam tepung ikan serta selaras dengan kebutuhan nutrisi banyak spesies ikan.

Selain itu, cacing harimau yang bernama ilmiah Eisenia foetida, menghasilkan pertumbuhan yang sangat baik untuk ikan. Cacing ini mengandung 61% protein kasar, 9% lemak, dan 5% abu. Cacing jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan ikan kering bersama bahan-bahan organik lain seperti susu bubuk, telur, tepung jagung, minyak, vitamin, dan sebagainya.

Sementara itu, penggunaan cacing lain seperti cacing darah dapat membantu menguatkan warna ikan terutama untuk jenis ikan yang memiliki corak warna yang beragam. Tubuh cacing darah mengandung pigmen karoten berupa astaxanthin yang dapat memengaruhi kualitas warna pada ikan. Cacing darah juga dapat memperbaiki bentuk sirip ikan dan program penggemukannya.

Baca Juga: Tertarik Ikan Hias Guppy? Yuk, Kenali Lebih Banyak Hingga Cara Merawatnya

Jika Anda tertarik untuk memberikan jenis makanan cacing kepada ikan, Anda harus memastikan kualitas cacing yang terbaik dari toko ikan hias yang terpercaya. Ini bertujuan agar makanan ikan tetap aman. Memberikan ikan makanan cacing perlu melalui masa percobaan. Berikan sedikit demi sedikit dan lihat apakah ikan Anda menyukainya. Jika memang suka, Anda dapat memberikannya beberapa kali sebagai selingan makanan serpihan.

Jangan berlebihan memasukkan cacing karena cacing yang telah mati akan menimbulkan zat amonia yang akan memengaruhi kualitas air. Bahkan dapat meracuni ikan hias di akuarium. Untuk solusi ini, Anda dapat menggunakan cacing beku yang dapat bertahan lama. Cacing beku juga dapat mengapung di permukaan air, sehingga ikan lebih mudah memakannya. 

 

Selanjutnya: Pendapatan Logindo (LEAD) tumbuh 8,21% di kuartal III-2021

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru