HOME, Bugar

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. Proses ekstrak minyak kelapa tersebut bertujuan agar kandungan alami, seperti senyawa phenolic, tidak hilang atau rusak, dikutip dari Alodokter.

Kandungan senyawa dalam minyak kelapa, seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat dapat mendukung pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat. 

Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tak terhitung jumlahnya, mulai dari mencegah kebusukan gigi hingga membakar lemak perut. Minyak kelapa juga merupakan salah satu sumber makanan yang dapat dikategorikan sebagai superfood berkat kekayaan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui. 

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

1. Memerangi peradangan

Minyak kelapa ini diperkaya oleh antioksidan penangkal radikal bebas sebagai penangkal peradangan. Sebuah studi asal India melaporkan bahwa kandungan antioksidan tinggi dalam minyak kelapa berperan sebagai agen antiinflamasi untuk memerangi gejala infeksi dan peradangan dalam tubuh, misalnya dalam kasus arthritis, batu empedu, dan pankreatitis. 

2. Mengurangi kadar lemak jahat

Manfaat minyak kelapa lainnya adalah baik untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Efek ini dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah. 

3. Menstabilkan gula darah

Menu makan yang diperkaya dengan kandungan MCT (65%-nya dapat Anda peroleh dari minyak kelapa) telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak tubuh. 

MCT juga dilaporkan dapat memelihara aksi dan resistensi insulin, walau sejauh ini baru dibuktikan lewat percobaan lab, minyak kelapa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.  

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pun akan menurun. 

5. Memelihara kesehatan rambut dan kulit

Banyak orang yang menggunakan minyak kelapa sehat ini untuk tujuan kosmetik, guna meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dan rambut. 

Penelitian menunjukkan minyak kelapa efektif digunakan sebagai pelembab kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering, dengan meningkatkan kelembaban dan kadar lemak pada kulit.  

Namun, jika saat anda mengonsumsi atau menggunakannya muncul alergi atau hal lainnya yang tidak wajar, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Selanjutnya: Tanaman Herbal Ini Bisa Membunuh Sel Kanker dalam Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News