HOME, Bugar

Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Memiliki rasa yang manis, rambutan  cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil. 

Buah rambutan memiliki daging berwarna putih, terdapat biji di dalamnya, dan memiliki bentuk seperti bola kecil. Bila dikupas, buah ini mempunyai penampilan yang mirip dengan buah leci atau kelengkeng.

Tampilan luarnya memiliki rambut yang tumbuh pada kulit buahnya. Banyak orang yang enggan mengonsumsi buah ini karena bentuk fisiknya yang terkesan tidak lazim dibanding buah kebanyakan.

Meski begitu, rambutan menyimpan segudang manfaat. Apalagi, serat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya terbilang tinggi. 

Baca Juga: Luar Biasa! 5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh

Sayangnya, hal itu justru jarang disadari banyak orang. Berikut beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak orang ketahui. 

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Buah rambutan termasuk salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini mengandung vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut menjadikan buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat, tubuhmu bisa melawan kuman dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. Hal ini baik untuk membuatmu tidak mudah jatuh sakit.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat tinggi dan kalori rendah ini yang tidak membuat Anda gemuk meski mengonsumsi buah rambutan dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan buah yang kaya akan serat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Rasa kenyang yang lebih lama ini berasal dari kandungan serat larut air yang melimpah. Oleh sebab itu, nafsu makan dijamin berkurang dan merasa kenyang lebih lama karena khasiat dari rambutan ini.

Baca Juga: Usai Makan Daging, Coba 5 Makanan Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh

3. Menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kesehatan dan kekuatan tulang akan menurun. Namun, hal tersebut bisa dicegah bila Anda rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan kalium, seperti buah rambutan.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik, Anda tetap dianjurkan untuk tetap aktif berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. 

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan vitamin C pada rambutan memang terbilang tinggi. Salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung yaitu karena rusaknya dinding pembuluh darah.

Peran vitamin C di sini yaitu sebagai pencegah terjadinya kerusakan itu, sehingga risiko munculnya penyakit jantung pun lebih kecil. 

Jika Anda mengonsumsi buah rambutan secara rutin akan membantu melengkapi nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi bisa menjadi awal pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Salah satu solusi alami untuk mengatasi gangguan ini yaitu dengan memenuhi kebutuhan harian vitamin C.

Seperti pembahasan di awal, kandungan vitamin C dalam buah rambutan terbilang tinggi, sehingga cocok dikonsumsi untuk Anda yang mengalami masalah hipertensi. 

Itulah beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang jarang disadari. Ternyata, buah yang umum dijumpai dan sering disepelekan seperti rambutan memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, ya, Moms.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News