Bugar

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Tubuh yang Perlu Anda Ketahui. Cari Tahu Yuk!

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Tubuh yang Perlu Anda Ketahui. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Jambu biji salah satu buah yang paling mudah kita temui di Indonesia. Warna daging buah ini pun sangat bervariasi dari putih, merah muda hingga merah tua.

Jambu jenis ini juga kaya akan mangan yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dari makanan.

Jambu biji memiliki manfaat kesehatan karena kandungan folat, yakni mineral yang membantu meningkatkan kesuburan.

Dirangkum dari Mayo Clinic, berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat jambu biji yang dapat Anda ambil, di antaranya:

Baca Juga: Bisa Dicoba! 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Rematik

Mencegah diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, ekstrak jambu biji juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit diabetes.

Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat jambu biji lainnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Apa Saja Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Memperkuat daya tahan tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk.

Vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.

Menjaga kesehatan mata

Jambu biji bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A sendiri berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan dan kornea mata.

Apabila seseorang kekurangan vitamin A, berbagai gangguan pada mata, seperti rabun jauhatau kebutaan pada anak-anak, mungkin saja terjadi.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi.

Anda juga dapat bertanya tentang porsi jambu biji yang dapat dikonsumsi setiap harinya, sesuai kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News