Bugar

Cari Tahu Yuk! Apa Saja Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! Apa Saja Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Daun kemangi sering dijadikan lalapan dengan dipadukan nasi hangat, goreng ayam yang renyah dan dicocolkan dalam sambal pedas yang menggugah selera.  

​Kemangi juga identik memiliki aroma jeruk limau yang kuat, sehingga beberapa kalangan juga menyebutnya sebagai lemon basil. Kandungan daun kemangi pun begitu beragam.

Tidak hanya serata, tanaman ini rupanya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan alaminya bermanfaat untuk berbagai keperluan.

Dilansir dari Web MD, inilah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan antara lain:

Baca Juga: Konsumsi Makanan Ini Guna Mencegah Kanker Sejak Dini

Menjaga kesehatan hati

Sebuah studi Ayurvedic tahun 2015 menyimpulkan bahwa antioksidan dalam herbal bubuk yang termasuk daun kemangi, berdampak positif pada kesehatan hati.  

Para ilmuwan memberikan bubuk daun kemangi tersebut kepada tikus, setelah sebelumnya menggunakan racun untuk menyebabkan kerusakan hati. 

Mencegah demam berdarah

Seiring dengan kasus demam berdarah yang kian mewabah, ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan infeksi penyakit tersebut. 

Ekstrak daun ini bisa dijadikan sebagai insektisida dalam sediaan obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).  

Melawan kanker

Ulasan Nutrition and Cancer pada 2013 mengamati apakah salah satu manfaat daun kemangi dapat mencegah kanker. 

Para penulis menyimpulkan bahwa fitokimia dalam daun kemangi ternyata dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.  

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Pakcoy, Bisa Menjaga Kesehatan Tulang hingga Cegah Kanker

Membantu meredakan stres

Dari berbagai macam herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional, kemangi adalah salah satu yang paling banyak diakui khasiatnya.  

Banyak penelitian menemukan bahwa daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter. 

Mencegah penuaan dini

Paparan radikal bebas berlebih, juga dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, khasiat daun kemangi berpotensi bagus untuk menghambat dampak buruk radikal bebas.

Selain itu, kandungan daun kemangi bekerja sebagai antiinflamasi sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat. 

Manfaat daun kemangi dimakan mentah juga tidak bisa benar-benar menggantikan obat yang biasa digunakan, untuk mengatasi penyakit-penyakit yang disinggung di atas. 

Jadi, meski kandungan daun kemangi banyak yang menyehatkan, Anda sebaiknya tidak hanya bergantung pada tanaman ini apabila mengalami suatu gangguan kesehatan.

Tetap periksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan perawatan yang paling efektif dan sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News