HOME, Keluarga

Manfaat Diffuser Feromon untuk Menenangkan Kucing yang Stress

Manfaat Diffuser Feromon untuk Menenangkan Kucing yang Stress

MOMSMONEY.ID - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kucing peliharaan menjadi stres di dalam rumah. Misalnya, perasaan tertekan, lingkungan baru, interaksi dengan hewan baru di rumah, dan sebagainya.

Stres atau kecemasan pada kucing tentu merupakan hal buruk yang dapat memengaruhi kondisi kesehatannya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan diffuser feromon. 

Apa iu diffuser feromon kucing?

Dilansir dari Itchpet, feromon adalah bahan kimia penciuman (aroma) yang diproduksi dan dilepaskan oleh kelenjar aroma berbeda yang ditemukan pada bantalan kaki, pantat, puting, dan kepala kucing. Mereka biasanya meninggalkan feromon dengan menggosokkan kepalanya atau menggaruk-garuk benda.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Manusia yang Beracun untuk Anjing Peliharaan

Sementara diffuser feromon untuk kucing, mengandung bahan kimia sintesis yang meniru berbagai feromon alami yang dikenal dapat menenangkan kucing. Alat ini seperti penyegar udara elektronik pada umumnya, yang dicolok pada outlet listrik standar dan memerlukan penggantian kartrid secara berkala.

Bagaimana diffuser feromon bekerja?

Alih-alih menyemprotkan aroma minyak esensial, diffuser feromon untuk kucing akan melepaskan feromon kucing versi sintesis yang terasa enak. Aroma ini tidak berpengaruh pada anjing dan tidak terdeteksi oleh penciuman manusia.

Mengutip Great Pet Care, ada dua jenis campuran feromon yang digunakan untuk menghilangkan stres kucing, yakni feromon menenangkan dan feromon multi-kucing. Campuran feromon yang menenangkan meniru feromon wajah kucing. Ini sangat membantu untuk rumah dengan satu kucing. Feromon ini membantu kucing merasa aman dan terlindungi.

Sedangkan, feromon multi-kucing, meniru feromon yang dikeluarkan induk kucing untuk menenangkan anak-anaknya. Ini dapat membantu kucing merasa nyaman di hadapan kucing lainnya, sehingga cocok digunakan untuk rumah dengan banyak kucing.

Baca Juga: Tempe Boleh Dikonsumsi Kucing, Tapi Ketahui Dulu Syaratnya

Beberapa kucing akan merespons diffuser feromon ini dalam 2 hari hingga 4 hari, tetapi setiap kucing dapat berbeda-beda. Pastikan Anda menempatkan alat ini di ruangan tempat kucing peliharaan biasa nongkrong dan menghabiskan waktu. Gunakan diffuser feromon selama minimal 1 bulan untuk memastikan kucing Anda mendapatkan manfaatnya dan isi ulang setiap bulan.

Manfaat diffuser feromon untuk kucing

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diffuser feromon kucing efektif dalam mengurangi perilaku umum yang berhubungan dengan kecemasan. Perilaku ini meliputi, masalah kotak kotoran, spraying, vokalisasi berlebihan, perilaku destruktif, perilaku agresif, dan sering bersembunyi.

Untuk kucing dengan kecemasan ringan, ini dapat memberikan kelegaan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News