HOME, Keluarga

Tempe Boleh Dikonsumsi Kucing, Tapi Ketahui Dulu Syaratnya

Tempe Boleh Dikonsumsi Kucing, Tapi Ketahui Dulu Syaratnya

MOMSMONEY.ID - Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari biji kedelai. Meski merupakan menu yang sederhana, tempe mengandung protein yang tinggi dan bergizi untuk tubuh manusia.

Tak heran, kandungan protein yang ada di tempe membuat sebagian orang beranggapan bahwa makanan manusia yang satu ini juga baik untuk hewan, misalnya kucing. Namun ternyata, ada sisi bahayanya meski tempe tidak beracun bagi kucing, lo.

Baca Juga: Mengandung Theobromine, Cokelat Ternyata Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan Anjing

Dilansir dari Myhewan.com, membiarkan kucing makan tempe maupun tahu adalah tidak apa-apa. Karena kedua makanan tersebut memiliki gizi yang tinggi.

Selain itu, tempe merupakan komponen makanan nabati, sama seperti gandum yang banyak digunakan untuk membuat pakanan kucing kemasan.

Meski demikian, ada satu syarat yang harus Anda penuhi bila ingin memberikan tempe pada kucing, yakni Anda tak boleh menggantikan makanan utamanya dengan tempe. Sebab, bagaimana pun kucing tetaplah hewan karnivora.

Kucing adalah hewan karnivora obligat, artinya kucing hanya bisa mengonsumsi daging saja. Saat dia mengonsumsi selain daging, tubuh kucing tidak akan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Jika kucing tidak mendapatkan nutrisi baik dan cukup yang dibutuhkannya, bisa-bisa kucing menjadi sakit. Selalu menjadikan tempe sebagai makanan utamanya juga dapat menyebabkan kucing mengalami gangguan pencernaan.

Baca Juga: Hati-Hati! Paracetamol Sangat Beracun untuk Kucing

Sesekali Anda dapat menggabungkan tempe dengan makanan utamanya sebagai bagian dari diet kucing, seperti daging-dagingan atau makanan khusus kucing lainnya. Anda juga dapat memberikan tempe sebagai cemilan sesekali. Dengan syarat lainnya, kucing menyukainya (tanpa paksaan untuk mengonsumsi) dan tempe yang diberikan telah direbus tanpa bumbu atau campuran susu. Beberapa kucing tidak toleran terhadap laktosa di dalam susu.

Walau tak bisa dikonsumsi setiap saat atau menggantikan makanan utamanya, tempe tetap ada manfaatnya bagi kucing.

Dilansir dari Catrescue.id, tempe dikenal sebagai pertolongan pertama pada kucing yang diare, ternyata bakteri yang terkandung pada tempe (Rhizopus oligosporus) mampu menetralisir bakteri merugikan di usus seperti Salmonella Typhii yang menjadi penyebab utama diare pada kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News