HOME, Bugar

Manfaat dan Resep Kecantikan Kulit dari Bahan Kayu Manis

Manfaat dan Resep Kecantikan Kulit dari Bahan Kayu Manis

MOMSMONEY.ID - Kayu manis sering kita temukan di bahan-bahan masakan. Selain itu, ternyata kayu manis dapat diolah untuk perawatan kecantikan juga.

Kayu manis memiliki manfaat yang bagus untuk kulit seperti merawat kulit kering, mengatasi jerawat, garis-garis halus dan lain-lain.

Jika anda tertarik mencoba melakukan perawatan dari kayu manis, Anda bisa mengikuti resep kecantikan di bawah ini  di rumah yang bersumber dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu:

1. Merawat Kulit Kering

Manfaat kayu manis yang pertama yaitu merawat kulit kering. Kayu manis membantu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan kelembutan kulit Anda.

Agar terhindar dari masalah kulit kering, Anda bisa membuat kayu manis sebagai scrub. Berikut resep membuat scrub dari kayu manis, yaitu:

  • Campurkan garam, minyak zaitun, minyak almond, madu dan kayu manis bubuk.
  • Aduk rata hingga membentuk pasta
  • Oleskan scrub tersebut secara langsung ke kulit anda
  • Diamkan selama 10-15 menit. Cara ini membuat kulit anda menjadi terasa lebih tenang.
  • Selanjutnya, gosok secara perlahan dan bersihkan dengan air mengalir.

2. Membuat Kulit Cerah

Manfaat lain dari kayu manis untuk perawatan kecantikan, yaitu dapat mencerahkan kulit Anda. Resep dari kayu manis ini bisa anda buat di rumah yaitu bersihkan muka dan keringkan terlebih dahulu.

Hancurkan satu buah pisang matang, campurkan dengan 2 sdm yogurt, 1/2 sdt bubuk kayu manis, dan 1/2 sdt jus lemon.

Oleskan pada wajah secara merata. Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Anda Konsumsi saat Mengalami Anemia

Kayu manis

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Kayu manis memiliki sifat antijamur, antioksidan dan antibakteri dari kayu manis. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat dan cacat kulit. Cara kerja kayu manis dengan membantu melancarkan aliran darah ke kulit.

Resep dari bahan kayu manis ini, Anda campurkan madu dengan bubuk kayu manis dengan perbandingan 3:1. Lalu, aduk rata hingga berbentuk pasta.

Lalu, oleskan pada kulit yang berjerawat dan biarkan semalaman. Lakukan perawatan ini secukupnya saja, tidak boleh lebih dari sekali selama seminggu.

4. Mengatasi Garis-Garis Halus

Manfaat kayu manis selanjutnya yaitu dapat mengatasi garis-garis halus. Semakin bertambahnya usia, kerutan di wajah akan terlihat.

Anda dapat mencegah garis-garis halus dengan kayu manis. Pada dasarnya, rempah-rempahan ini membantu merangsang pembuluh darah dan membawa darah ke permukaan kulit.

Jika Anda tertarik mencoba perawatan alami ini, berikut resepnya:

  • Campurkan 3-4 teets minyak atsiri kayu manis dan 2 sdm minyak zaitun atau petroleum jelly.
  • Oleskan pada area yang terdapat garis-garis halus, hindari kontak langsung dengan mata.
  • Diamkan selama 10-12 menit, setelah itu bersihkan dengan air dingin. 

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Selanjutnya, kayu manis dapat mengatasi bibir pecah-pecah. Kayu manis bisa menjadi pelembab bibir atau lip balm alami yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Resep lip balm dari kayu manis ini cukup mudah, yaitu campurkan sedikit bubuk kayu manis dengan beberapa tetes minyak kelapa.

Oleskan pada bibir anda sebagai lip balm seperti biasanya. Lip balm dari kayu manis dapat mengatasi bibir yang pecah-pecah dan kering. Mudah, kan, moms?

Selanjutnya: Pahami Jenis-Jenis Waxing, yang Mana Favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News