HOME, Bugar

5 Makanan yang Wajib Anda Konsumsi saat Mengalami Anemia

5 Makanan yang Wajib Anda Konsumsi saat Mengalami Anemia

MOMSMONEY.ID - Anemia merupakan kondisi kadar hemoglobin dalam sel darah merah mengalami penurunan. Hal itu terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi dari asupan harian atau mengalami kondisi medis tertentu, dikutip dari WebMD.

Zat besi merupakan elemen penting yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin Kemudian hemoglobin membawa oksigen ke otot dan ke seluruh jaringan tubuh. Jadi zat besi turut serta menjaga tubuh agar tidak kekurangan oksigen dan dapat berfungsi dengan efektif. Jenis makanan di bawah ini tentunya mengandung kadar zat besi yang cukup tinggi. 

Mengingat zat besi adalah zat yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin, maka pengidap anemia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan di bawah ini.  

aBaca Juga: 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diare Agar Tidak Makin Parah

1. Telur

Telur Goreng

Telur adalah bahan makanan yang sangat mudah dicari. Kabar baiknya, satu butir telur ternyata mengandung 1.02 miligram zat besi. Telur ternyata ampuh mengurangi gejala anemia. Bukan hanya zat besi, telur juga terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas.  

2. Brokoli

Brokoli

Brokoli juga termasuk dalam sayuran penambah darah yang membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Tidak hanya itu, untuk satu porsi brokoli menyediakan zat besi serta sangat tinggi vitamin C, K dan folat. Sayuran ini juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. 

3. Tomat

Tomat

Bukan cuma sayuran hijau saja yang punya manfaat zat besi. Fakta lainnya, ternyata tomat juga berperan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Penyebabnya karena tomat banyak mengandung vitamin C dan likopen yang bekerja efektif dalam mempercepat penyerapan zat besi.  

4. Daging Merah

Daging Sapi Panggang Lada Hitam

Daging merah kaya akan vitamin B12 yang baik pembentukan hemoglobin. Namun, akan lebih baik jika daging merah yang dikonsumsi tanpa lemak atau mengandung sedikit lemak. Pastikan untuk mengolah daging merah dengan benar agar tidak menghilangkan nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya.   

5. Jeruk

Jeruk

Penderita anemia juga memerlukan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi. Jeruk kaya vitamin C sehingga disarankan untuk dikonsumsi penderita anemia. Anda dapat mengonsumsi buah ini baik dengan memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus. Disarankan mengonsumsi jeruk bersama dengan makanan yang mengandung zat besi.  

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jambu Mede untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya, penderita anemia tidak hanya fokus mengonsumsi buah dan sayuran penambah darah saja, yang tidak kalah penting menjaga pola hidup sehat. Anda disarankan konsultasi dengan dokter tentang penanganan dan perawatan anemia yang Anda alami. 

Selanjutnya: Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News