HOME, Bugar

Manfaat dan Kandungan Shirataki untuk Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Shirataki untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sepertinya nama shirataki sudah tak asing lagi saat ini. Ini menjadi alternatif pengganti nasi putih yang digemari para pejuang diet dalam menurunkan berat badan.

Melansir Japan Centre, shirataki merupakan makanan tradisional asal Jepang yang bebas gluten dan rendah kalori. Terbuat dari glukomanan yang berasal dari konjak atau sejenis ubi-ubian yang tinggi karbohidrat sebagai pengganti nasi putih.

Berikut ini beberapa manfaat shirataki jika dikonsumsi secara rutin sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

1. Melancarkan BAB

Karena kandungan seratnya, manfaatnya cukup baik untuk pencernaan, sehingga ini melancarkan proses buang air besar hingga 30%.

Sebuah studi bernama Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa manfaat dari glukomanan yang ada pada shirataki dapat mencegah sembelit.

Studi tersebut menunjukkan bahwa menambahkan glukomanan ke diet rendah serat dapat meningkatkan jumlah bakteri probiotik dalam feses.

2. Menurunkan kadar kolestrol

Food Reviews International menemukan ada kaitan antara penurunan kolestrol dengan konsumsi konjak. Manfaatnya yakni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan konjak dan gukomanan dilihat memiliki efek menguntungkan pada kolesterol jahat dan kolestrol baik. Makanan ini dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Sederet Manfaat yang Anda Dapatkan dengan Mengonsumsi Buah Sawo

3. Membuat rasa kenyang lebih lama

Tinggi serat pada shirataki membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga ini menahan kita untuk keinginan ngemil di sela-sela waktu makan.

Bahan dasar konjak 'mengembang' di perut dan menahan kita dari rasa lapar. Menurut salah satu studi dalam National Library of Medicine, menambahkan serat glukomanan 1.200 kalori ke makanan memicu penurunan berat badan yang lebih banyak.

4. Sumber prebiotik

Serat glukomanan dalam shirataki dapat berperan sebagai prebiotik. Prebiotik adalah zat yang memberi makan bakteri dan bermanfaat untuk usus besar dalam tubuh.

International Journal of Biological Macromolekules mencatat bahwa glukomanan tidak terurai di perut, sehingga dapat menjadi sumber makanan bagi flora usus.

Pertumbuhan bakteri usus ini mempengaruhi kesehatan manusia. Namun, kehadiran bakteri ini juga cukup penting bagi pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Inilah beberapa manfaat shirataki yang perlu Anda tahu dan bisa Anda konsumsi setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

Selanjutnya: 5 Makanan Yang Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News